Badung, Bali (ANTARA) - Kepala Polda Bali Inspektur Jenderal Polisi Ida Bagus Kade Putra Narendra mengecek arus mudik di Terminal Tipe A Mengwi, Kabupaten Badung, Bali pada H-2 Lebaran 2024.

Kepala Polda Bali itu tiba di terminal yang melayani penumpang antarkota antarprovinsi (AKAP) itu sekitar pukul 14.15 Wita dan langsung meninjau terminal keberangkatan.

Tidak ada sesi wawancara kepada awak media namun dalam kesempatan itu ia sempat berbincang dengan awak bus dan memberikan bingkisan berupa cemilan kepada sejumlah pemudik di area ruang tunggu.

"Semoga mudiknya lancar dan aman ya," ucapnya kepada beberapa pemudik di ruang tunggu.

Jenderal bintang dua itu kemudian berkeliling di area terminal dan memantau pergerakan penumpang baik yang mudik dan tiba di Terminal Tipe A Mengwi melalui posko terpadu Lebaran 2024 yang didirikan di kawasan tersebut.

Sementara itu, Kepala Polres Badung Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Teguh Priyo Wasono di sela mendampingi peninjauan tersebut menekankan koordinasi lintas sektor untuk memberikan kenyamanan dan keamanan mudik 2024.

"Kami harus bertanggung jawab terhadap kesiapan mudik dan kelancaran wisatawan karena libur panjang sehingga berpotensi banyak arus wisatawan liburan di Bali," katanya.

Dalam posko tersebut tergabung petugas lintas sektor di antaranya kepolisian, TNI, Jasa Raharja, BPBD Badung, Satpol PP, Damkar, BNN Badung, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan hingga instansi terkait lainnya di Pemkab Badung.

Berdasarkan data pengelola Terminal Tipe A Mengwi, pada arus mudik Minggu (7/4) sebanyak 2.830 penumpang berangkat dengan diangkut 91 bus dan sebanyak 1.048 penumpang tiba dengan diangkut 1.048 orang.

Apabila dikalkulasi, jumlah pemudik mulai 4 April hingga 7 April 2024 mencapai 10.911 orang dengan total diangkut 352 armada bus.

Sedangkan jumlah penumpang yang tiba di Mengwi, Bali mencapai 5.556 orang yang diangkut menggunakan 231 bus.

Ada pun rata-rata arus penumpang saat hari biasa di terminal itu mencapai sekitar 700-800 orang dengan armada bus hingga 50 bus.

Sesuai perkiraan pengelola terminal, puncak arus mudik terjadi pada Sabtu (6/4) dengan jumlah pemudik berangkat mencapai hampir 3.000 orang.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai catat penumpang arus mudik lebih dari estimasi

Baca juga: Terminal Mengwi Bali buka layanan kesehatan dan bilik laktasi pemudik

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024