Batam (ANTARA) - Kapolda Provinsi Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah meninjau pelabuhan Kapal Roro ASDP Telaga Punggur Batam guna memastikan para pemudik merasa aman dan nyaman.

Usai meninjau para pemudik yang saat itu sedang menunggu waktu keberangkatan, Yan mengatakan meskipun ada kendala yang terjadi beberapa hari lalu, karena calon penumpang kehabisan tiket mudik tujuan Kuala Tungkal, arus mudik di Kepri berjalan dengan baik.

Baca juga: Pemudik mulai padati pelabuhan Roro Kuala Tungkal

“Saya mengapresiasi langkah cepat BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) untuk segera mencari solusi. Sehingga, penumpang yang tertunda keberangkatannya bisa diberangkatkan di hari yang sama,” ujar Yan di Batam, Senin.

Ia menyebutkan komunikasi dan koordinasi menjadi salah satu hal terpenting dalam menjalankan tugas serta melayani masyarakat. “Ini kan permasalahan publik. Jadi harus cepat dicarikan solusinya,” ujar dia.

Ia menyebutkan seluruh sarana prasarana dengan melibatkan ASDP, Jasa Marga, Dinas Perhubungan, serta pemangku kebijakan lainnya, berkolaborasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang.

"Rata-rata yang datang lebih banyak yang di bandara, kalau di pelabuhan banyak yang keluar Batam. Lebih banyak dari tahun sebelumnya," ujar dia.

Ia menyampaikan tingginya animo pemudik tahun ini juga dipengaruhi kondisi ekonomi yang baik di Provinsi Kepri, khususnya Batam. Sehingga, keinginan untuk mudik juga naik.

“Banyak yang ingin berlebaran bersama keluarga tahun ini,” kata Yan.

Baca juga: ASDP Merak siapkan 58 kapal roro

Baca juga: ASDP Merak operasikan 28 kapal Roro


Kepala BPTD Kelas II Kepri Dini Kusumahati menjelaskan pada tahun ini terjadi peningkatan arus mudik Lebaran di Pelabuhan Roro ASDP Telaga Punggur.

Ia menyebutkan ada kenaikan 40 persen untuk arus mudik Lebaran di tahun ini, baik itu penumpang maupun kendaraan.

“Alhamdulillah, tahun ini arus mudik luar biasa,” kata Dini.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024