masyarakat diimbau untuk waspada mengingat hujan yang disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah pantai barat hingga pegunungan Sumatera Utara itu dapat menyebabkan banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya banjir dampak hujan dengan intensitas lebat di kawasan pegunungan di Sumatera Utara (Sumut).

Prakirawan BBMKG Medan Wilayah I Medan Defri Mandoza, Senin, mengatakan sejumlah wilayah di Sumut dalam dua hari ke depan masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang, terutama kawasan pegunungan dan pantai barat.

"Atas kondisi itu masyarakat diimbau untuk waspada, mengingat hujan yang disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah pantai barat hingga pegunungan Sumatera Utara itu dapat menyebabkan banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya," kata Defri.

Secara umum cuaca di Sumut hingga Selasa (9/4) pada pagi hari rata-rata berawan dan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Nias Selatan, Nias Barat, dan Nias Utara.

Baca juga: BMKG: Hujan lebat masih berpotensi terjadi di Sumut hingga 8 April

Siang dan sore hari, lanjutnya, berpotensi hujan ringan hingga lebat di sejumlah wilayah di Sumut. Hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di Tapanuli Utara Tapanuli Tengah, Sibolga, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Karo, Dairi, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan di Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Karo, Dairi, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 16–34 derajat Celsius, kelembapan udara 60–95 persen, dan angin berhembus dari timur Laut-timur dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG ingatkan potensi hujan lebat terjang mayoritas wilayah Indonesia

Baca juga: BMKG ingatkan potensi hujan sedang hingga lebat saat mudik Lebaran


Baca juga: BMKG prediksi hujan intensitas ringan hingga sedang saat mudik Lebaran

Pewarta: Juraidi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024