BMKG mengeluarkan potensi cuaca ekstrem hingga 11 April 2024
Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sejumlah wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut) berpotensi cuaca ekstrem hingga 11 April 2024.
 
"BMKG mengeluarkan potensi cuaca ekstrem hingga 11 April 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Senin.
 
Dia menyebutkan beberapa hari ke depan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di beberapa wilayah.
 
Pada 9 April, kata dia, cuaca ekstrem berpeluang terjadi di wilayah Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang tinggi di Sulut untuk keselamatan pelayaran
 
Kemudian pada 10 April diperkirakan terjadi cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
 
Sementara itu pada 11 April cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
 
Karena itu dia berharap warga berhati-hati terhadap potensi ancaman bencana banjir, tanah longsor, hingga pohon tumbang, yang dapat terjadi saat kondisi cuaca ekstrem.
 
BMKG akan membantu memutakhirkan data atau informasi terkini kondisi daerah-daerah berpotensi cuaca ekstrem melalui kanal informasi yang telah terverifikasi.

Baca juga: BMKG: Seluruh wilayah Sulut berpotensi cuaca ekstrem

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024