Terpantau Stasiun Tanah Abang menjadi stasiun tujuan dengan pengguna terbanyak
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter mencatat hingga Minggu (7/4) atau memasuki hari ke-8 pelaksanaan masa angkutan Lebaran Tahun 2024 tercatat total pengguna commuter line di seluruh wilayah sebanyak 8.028.105 orang.

"Selama masa angkutan Lebaran 2024 ini, volume pengguna commuter line terpantau mengalami tren kenaikan, di mana pergerakan orang pada mudik tahun ini merupakan mudik terbesar setelah masa pandemi kemarin. KAI Commuter memprogramkan melayani pengguna sebanyak 19.502.277 orang di seluruh wilayah operasional selama masa angkutan Lebaran ini," kata Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Untuk wilayah Jabodetabek, selama masa angkutan Lebaran mulai 31 Maret-7 April 2024, KAI Commuter mencatat volume pengguna sebanyak 7.070.204 orang.

Pergerakan pengguna Commuter Line Jabodetabek juga masih terpantau di stasiun-stasiun yang terletak di kawasan pusat perbelanjaan atau sentra bisnis lainnya serta stasiun di sekitar Kawasan tempat wisata.

"Terpantau Stasiun Tanah Abang menjadi stasiun tujuan dengan pengguna terbanyak. Stasiun tersebut masih ramai meski sudah memasuki masa mudik dengan masyarakat yang ingin membeli kebutuhan jelang Lebaran. Selama masa angkutan Lebaran ini tercatat sebanyak 523.276 orang yang turun di stasiun tersebut," ungkap Anne.

Sedangkan di Stasiun Bogor yang berlokasi di kawasan wisata tercatat sebanyak 342.047 orang.

Sementara untuk volume pengguna Commuter Line Merak, tercatat sejak Jumat (5/4) hingga Minggu (7/4), KAI Commuter mencatat rata-rata pengguna Commuter Line Merak sebanyak 11.477 orang atau lebih tinggi 21 persen jika dibanding rata-rata volume pengguna di hari kerja pada masa angkutan Lebaran (31 Maret–4 April, yaitu sebanyak 9.521 orang.

"Untuk layanan Commuter Line Merak, setiap harinya KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan. Meskipun pada masa angkutan Lebaran ini, mulai 3-9 April 2024 dilakukan penyesuaian pola operasional perjalanannya hanya sampai Stasiun Cilegon, pergerakan pemudik yang menggunakan Commuter Line Merak juga masih cukup tinggi," kata Anne.

Selama periode penyesuaian operasional Commuter Line Merak tersebut hingga Minggu 3-7 April kemarin, KAI Commuter mencatat total volume yang turun di Stasiun Cilegon sebanyak 14.378 orang. Sedangkan pengguna yang naik dari Stasiun Cilegon pada periode tersebut sebanyak 9.904 orang.

"Untuk pengguna Commuter Line Merak yang akan menuju Pelabuhan Merak dan Stasiun Krenceng, bisa menggunakan transportasi lanjutan yang disediakan di Stasiun Cilegon secara gratis, yaitu sekitar 30-35 unit angkutan kota. Untuk jadwal keberangkatan Commuter Line Merak pada periode tersebut tidak mengalami perubahan, masih sesuai dengan jadwal pemberangkatan di masing-masing stasiun," kata Anne.

Baca juga: KAI Commuter layani 11 juta penumpang hingga hari ke-14 Ramadhan
Baca juga: KAI Commuter siapkan layanan angkutan Lebaran 2024 untuk pemudik lokal

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024