Jakarta (ANTARA) -
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat mengecek titik pantau di KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Senin malam, menyebut puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi dapat terlampaui dengan baik.

"Untuk puncak arus mudiknya bisa terlampaui dengan baik," kata Sigit.

Jenderal polisi bintang empat itu mendengarkan evaluasi sementara pelaksanaan arus mudik tahun 2024 saat mengecek situasi di titik pantau KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama.

Secara umum, kata Kapolri, pelaksanaan arus mudik di jalur tol mulai KM 50 sampai KM 414 Kalikangkung mengalami peningkatan signifikan saat puncak arus.

"Tadi dilaporkan bahwa terjadi persebaran, terjadi penambahan jumlah sekitar 6 sampai 7 (persen) dibandingkan mudik tahun 2023," kata Sigit.

Baca juga: Kapolri evaluasi arus mudik di Merak percepat bongkar muat kendaraan

Meski terjadi peningkatan arus kendaraan dengan rentang waktu tersebar pada tanggal 5, 6, 7 dan 8, arus mudik lebaran tahun ini bisa terlaksana dengan baik.

"Jadi kalau tahun 2023 itu pada H-3 (puncak arus), kali ini bergeser pada H-4 dengan tingkat puncak arus mudiknya yang turun dan ini tersebar pada hari-hari sebelumnya," kata Sigit.

Kapolri mengapresiasi manajemen penanganan arus mudik yang sudah berjalan baik apabila dibandingkan tahun 2023 dan 2024.

"Maka tadi didapatkan satu rumusan untuk menghadapi arus mudik pada tahun 2025," ujarnya.

Baca juga: Kapolri: Empat keluarga jalani antemortem terkait kecelakaan di KM 58

Ia menambahkan penanganan arus mudik tahun ini juga berimplikasi pada waktu tempuh pemudik menjadi lebih cepat dari biasanya.

"Dan juga terjadi peningkatan kecepatan. Untuk pencapaian dari mulai start sampai dengan Jawa Tengah, yang biasanya 8 jam, kali ini menjadi 6 hingga 7 jam. Jadi, ada perbaikan," kata Sigit.

Kapolri juga menambahkan hasil evaluasi sementara arus mudik menjadi bahan untuk persiapan menghadapi arus balik yang diprediksi terjadi pada tanggal 15 dan 16 April.

"Demikian juga dengan arus balik yang akan kita hadapi sebentar lagi," katanya.

Baca juga: Kapolri: Penyebab pasti kecelakaan maut di km 58 masih didalami
Baca juga: Kapolri imbau pemudik keluar tol jika rest area penuh
Baca juga: Kapolri: Genangan air jadi penyebab arus mudik jalur Sumatera macet

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024