Mudik gratis menggunakan KMP Wicitra Dharma I malam ini diberangkatkan dari Jangkar ke Raas sekitar pukul 22.00 WIB.
Situbondo (ANTARA) - Kapal feri mudik gratis tahap empat atau terakhir dari Pelabuhan Jangkar, Kabupaten Situbondo menuju Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengangkut sebanyak 202 orang penumpang pada H-2 Lebaran 2024.

Manajer PT Dharma Dwipa Utama (DDU) Maman Surahman, di Situbondo, Senin malam, mengatakan pada H-2 Lebaran kapal mudik gratis program Pemerintah Provinsi Jawa Timur merupakan yang terakhir.

"Mudik gratis menggunakan KMP Wicitra Dharma I malam ini diberangkatkan dari Jangkar ke Raas sekitar pukul 22.00 WIB, penumpang 202 orang dan sepeda motor 86 unit," ujarnya.

Dari pantauan, pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, PT DDU mengoperasikan dua unit kapal motor penyeberangan rute Jangkar-Raas, yakni KMP Dharma Kartika dan KMP Wicitra Dharma I.

KMP Dharma Kartika rute Jangkar-Raas reguler atau berbayar bertolak dari Pelabuhan Jangkar menuju Pulau Raas pada pukul 09.00 WIB, sedangkan KMP Wicitra Dharma I yang merupakan kapal feri program mudik gratis dengan rute yang sama diberangkatkan malam ini pukul 22;00 WIB.

Di dermaga Pelabuhan Jangkar juga terpantau satu unit kapal perbantuan KMP Citra Mandala Sakti yang dijadwalkan mengangkut pemudik tujuan Pulau Raas.

Selain tiga unit armada kapal feri rute Jangkar-Raas pada H-Lebaran, satu armada kapal perang milik TNI AL KRI Teluk Parigi juga disiapkan untuk mengangkut pemudik tujuan Pulau Raas, apabila dibutuhkan.

Jadwal keberangkatan kapal feri rute Jangkar-Raas pada momentum arus mudik Lebaran menjadi prioritas dibandingkan dengan rute Jangkar-Sapudi, Jangkar-Kalianget (Madura) karena mayoritas penumpang adalah warga Pulau Raas yang selama ini bekerja di Pulau Bali.
Baca juga: Pemudik telantar di Pelabuhan Jangkar diangkut kapal Kemenhub
Baca juga: Polisi kantongi nama terkait praktik percaloan di Pelabuhan Jangkar

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024