Personel Polri juga mengajak warga di Tanah Papua untuk menciptakan Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah yang aman
Jayapura (ANTARA) - Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Adi Prabowo mengatakan personel Polri saat ini gencar melaksanakan patroli guna memberikan rasa aman kepada masyarakat menjelang dan selama Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 di Tanah Papua.

Ia mengatakan patroli dilakukan untuk  memberikan rasa aman mengingat banyak warga yang meninggalkan rumahnya karena mudik Lebaran .

"Personel Polri juga mengajak warga di Tanah Papua untuk menciptakan Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah yang aman," ucapnya, di Jayapura, Senin. 

Baca juga: MUI apresiasi kinerja Polda Papua wujudkan kedamaian selama Ramadhan

Diharapkan, kata dia, warga yang mudik Lebaran itu sebelum berangkat terlebih dahulu memastikan kondisi rumah dalam keadaan aman.

"Rumah yang akan ditinggal mudik harus benar-benar dalam kondisi aman, yang sebelumnya diperiksa seluruh bagian, termasuk instalasi listrik, " kata Benny. Ia menambahkan sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, warga juga diharapkan menitipkan rumah ke tetangga atau sanak keluarga yang tidak mudik.

Ia mengatakan dari laporan yang diterima terungkap jelang Idul Fitri 1445 Hijriah terjadi peningkatan jumlah penumpang yang akan melaksanakan mudik baik di bandara maupun pelabuhan laut di sejumlah kota yang ada di wilayah hukum Polda Papua.

Baca juga: Polda beri rasa aman masyarakat Papua pada hari besar keagamaan

"Mudah-mudahan dengan gencarnya patroli diharapkan situasi di berbagai wilayah di Tanah Papua aman dan terkendali," harap Kombes Benny.

Kabid Humas Polda Papua itu juga mengimbau warga mengaktifkan kembali siskamling agar lingkungannya aman dari aksi kriminal.

Pihaknya mengerahkan personel untuk patroli di kawasan yang dianggap rawan kasus pencurian.

Baca juga: Pelni Jayapura siapkan tiga kapal perintis melayani arus mudik Lebaran
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024