BMKG memasukkan sejumlah wilayah dalam kategori waspada dampak hujan seperti banjir....
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan mulai dari yang berintensitas lebat hingga ringan pada hari ini, menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dikutip dari Jakarta, Selasa.

Sejumlah provinsi yang wilayahnya berpotensi mengalami hujan lebat termasuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, wilayah di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat serta Papua juga dapat mengalami hujan lebat.

Sementara sejumlah titik di Jakarta dan Nusa Tenggara Timur diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan.

Secara khusus hujan lebat berpotensi turun di Kota Bengkulu, Jambi, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Ambon, dan Palembang. Hujan intensitas sedang diprakirakan turun di Bandung, Samarinda, Tanjung Pinang, Pekanbaru serta Makassar.

BMKG juga mengingatkan potensi hujan ringan di Kota Denpasar, Serang, Yogyakarta, Gorontalo, Semarang, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Tarakan, Mataram, Kupang, Jayapura, Manokwari, Mamuju, dan Padang.

Untuk wilayah Jakarta, hujan ringan di siang hari dapat turun di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. Sementara di malam hari Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan yang juga dialami oleh Kepulauan Seribu pada dini hari.

BMKG memasukkan sejumlah wilayah dalam kategori waspada dampak hujan seperti banjir, termasuk beberapa titik di Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.
Baca juga: BMKG: Hujan lebat masih berpotensi terjadi di Sumut hingga 8 April
Baca juga: BMKG: Waspada banjir dampak hujan lebat di pegunungan Sumut


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024