Ternate (ANTARA) - Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Maluku Utara (Malut) dalam operasi ketupat Kie Raha 2024, secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kepada setiap personel pengamanan mudik Lebaran.

"Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan personel dapat menjalankan operasi pengamanan arus mudik dan pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriah secara maksimal. Pemeriksaan kesehatan ini mencakup pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kondisi kesehatan secara menyeluruh, dan pemberian vitamin," kata Kabid Humas Polda Malut AKBP Bambang Suharyono di Ternate, Selasa.

Baca juga: Mewujudkan angkutan mudik bebas dari rasa takut di Malut

Dia menjelaskan pengecekan kesehatan yang dilakukan ini penting guna menjamin kesehatan personel Operasi Ketupat Kie Raha 2024, dalam melaksanakan pengamanan arus mudik dan pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sejak dimulainya Operasi Ketupat Kie Raha 2024 pada 4 April sampai dengan 16 April 2024, Subsatgas Dokkes Polda Malut terus berupaya dalam pelayanan kesehatan agar kondisi kesehatan personel yang terlibat dalam operasi ini tetap terjaga.

Langkah ini, katanya, menunjukkan perhatian Polda Malut terhadap kesejahteraan anggotanya dan dapat meningkatkan efektivitas serta keberhasilan dalam pelaksanaan operasi Ketupat.

Sebelumnya, Polda Malut menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi pemudik yang akan kembali ke kampung halaman untuk berlebaran melalui pelabuhan kapal cepat di daerah itu.

Kabid Humas mengatakan kegiatan itu untuk memastikan pemudik dalam keadaan sehat untuk melakukan perjalanan kembali ke kampung halaman masing-masing.

Kegiatan di pelabuhan kapal cepat di Kelurahan Gamalama, Kota Ternate itu, kata dia, juga sebagai bagian dari upaya pengamanan arus mudik Lebaran 2024.

Baca juga: Kapolda Malut sebut H-1 arus mudik di Malut relatif aman

Baca juga: Ditpolairud Polda Malut persiapkan pengamanan mudik lebaran


Dia menjelaskan pemeriksaan kesehatan tersebut tidak hanya sekali, namun berkelanjutan oleh personel Biddokkes Polda Malut, untuk memastikan bahwa kesehatan pemudik terjaga dengan baik sepanjang perjalanan.

"Dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini, diharapkan para pemudik dapat memperoleh informasi yang cukup tentang kondisi kesehatan mereka sebelum melakukan perjalanan jauh," ujarnya.

Pemudik yang menjalani pemeriksaan kesehatan itu, katanya, juga memperoleh saran atau tindakan medis yang diperlukan jika ada masalah kesehatan yang perlu ditangani lebih lanjut sebelum berangkat mudik.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024