Garut (ANTARA) - Kepolisian Resor Garut menyiapkan layanan live streaming di channel Youtube untuk memudahkan pemudik memantau kondisi jalur mudik di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, sehingga bisa menentukan pilihan untuk menghindari kemacetan agar perjalanan tetap lancar dan nyaman.

"Layanan ini dibuat demi memudahkan masyarakat Kabupaten Garut, ataupun pemudik yang akan melintasi Garut dapat menerima informasi tentang arus mudik yang tepat, dan akurat," kata Kepala Seksi Humas Polres Garut Ipda Susilo Adhi di Garut, Selasa.

Ia menuturkan Kepolisian Resor Garut terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk kelancaran arus mudik dan balik di Hari Raya Idul Fitri, dan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan akses informasi tentang kondisi lalu lintas.

Baca juga: Polisi tambah jadwal patroli di jalur alternatif Jonggol

Layanan yang baru disiapkan melalui Channel Youtube Polres Garut Official itu, kata dia, menampilkan berbagai tayangan kondisi arus lalu lintas terkini di sejumlah daerah, seperti jalur nasional wilayah Limbangan-Malangbong, mapun jalur Kadungora-Leles-Garut.

Ia menyampaikan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik dari arah barat menuju timur dapat terlebih dahulu memilih jalur mana yang kondisi arus lalu lintas kendaraannya lancar.

"Misalkan pemudik dari barat ke timur, ternyata di Limbangan-Malangbong padat, bisa memilih jalan Kadungora yang lebih lancar," kata Adhi.

Ia menyampaikan sementara layanan informasi tentang kondisi arus lalu lintas di jalur mudik itu baru bisa diakses di Youtube, untuk akses lainnya menggunakan aplikasi dan sebagainya belum diterapkan.

"Sementara kita pakai Youtube dulu, untuk yang lainnya belum," katanya.

Ia menyebutkan tayangan dalam live streaming Youtube Polres Garut Official itu berdasarkan pantauan dari CCTV yang terpasang di sejumlah ruas jalan di wilayah jalur mudik Garut.

Daerah yang dapat diakses informasi lalu lintas itu, kata dia, yakni wilayah jalur nasional seperti Limbangan, Lewo, Malangbong, kemudian jalur provinsi Bandung-Garut yakni Kadungora, selanjutnya daerah perkotaan seperti Tarogong, Garut Kota, Sukadana, dan daerah lainnya.

"Layanan CCTV pantauan arus mudik Polres Garut 2024 ini ditayangkan selama 24 jam tidak berhenti, hal ini akan diselenggarakan selama proses arus mudik Hari Raya Idul Fitri hingga nantinya arus balik berlangsung," katanya.

Baca juga: Menkes tinjau pos pelayanan kesehatan Pelabuhan Ciwandan, Banten
Baca juga: Momen mudik Lebaran, portir Bandara Halim raup Rp100 ribu per hari
Baca juga: KSOP Samarinda: 9.868 pemudik berangkat ke Parepare sejak 26 Maret  


 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024