Lampung Selatan (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) pada Selasa atau H-1 Lebaran 2024 menyeberangkan sebanyak 56.759 penumpang dari Sumatera menuju Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, mengatakan jumlah penumpang yang melakukan penyeberangan sebanyak 56.759 orang pada H-1 Idul Fitri 1445 Hijriah itu berdasarkan data 24 jam dari Posko Bakauheni.

"Dengan rincian penumpang pejalan kaki sebanyak 1.517 orang dan penumpang di dalam kendaraan 55.242 orang," kata dia, di Bakauheni, Selasa.

Ia mengatakan, untuk jumlah kendaraan baik roda dua, empat, bus, dan truk yang telah menyeberang sebanyak 9.185 unit.

"Untuk kendaraan roda dua sebanyak 955 unit, kendaraan roda empat 6.097 unit, bus 856 dan truk 1.277 unit," kata dia. Rudi Sunarko mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Sumatera ke Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya.

Baca juga: Pemudik dengan tujuan Jabar selatan meningkat di jalur Cianjur Untuk diketahui PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal ferry mulai 11 Desember 2023. Ketentuan itu berlaku di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk.

Ketentuan baru tersebut adalah pemesanan tiket ferry dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal 5 kilometer sebelum pelabuhan. Yang ditetapkan dalam Surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di sekitar pelabuhan.

Baca juga: Sejumlah pemudik titipkan kendaraan di Polsek Mampang Prapatan 

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024