Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum (Perum) Damri mencatat lebih dari 56.902 tiket perjalanan habis terjual untuk layanan kelas bisnis, royal, dan eksekutif angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) ke beberapa titik tujuan, selama masa angkutan hingga H-1 Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah

“Mudik menggunakan armada bus masih menjadi pilihan favorit para pemudi, terbukti telah terjual sebanyak 56.902 tiket angkutan Lebaran dengan berbagai kota tujuan sejak dibukanya kuota penjualan pada 25 Februari 2024,” kata Corporate Secretary Damri Chrystian R. M. Pohan dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Damri pantau pergerakan bus lewat daring pastikan kelancaran mudik

Dia menyampaikan hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, perjalanan pada transjawa, Pontianak, dan Bandar Lampung selalu tinggi peminat dari pelanggan Damri.

Pohan menyampaikan tercatat penjualan tiket harian tertinggi terjadi menjelang cuti bersama Idul Fitri 2024 berturut-turut pada 5 April 2024 sebanyak 5.881 tiket, 6 April 2024 sebanyak 5.109 tiket, dan 7 April 2024 sebanyak 3.983 tiket.

"Sebagai penyedia angkutan Lebaran, Damri senantiasa memiliki perhatian lebih dalam mengedepankan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan, sehingga para pelanggan dapat merasakan perjalanan yang berkesan sampai ke titik tujuan untuk bertemu keluarga atau kerabat terkasih," tutur Pohan.

Untuk meningkatkan kualitas layanan angkutan lebaran, kata Pohan, seluruh armada DAMRI melalui serangkaian ramp check yang bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan serta pengecekan berkala atas perawatan fasilitas interior dan eksterior armada.​​​​​​​

Baca juga: Damri pastikan kesiapan layanan angkutan arus mudik Lebaran 2024

Dia mengatakan pihak Damri juga memastikan pramudi dalam kondisi prima dan sehat saat mengantarkan pelanggan dengan melakukan medical check up sebelum melakukan keberangkatan.

"Damri terus berkomitmen melayani pelanggan pada masa angkutan Lebaran 2024 secara aman, nyaman serta menjunjung tinggi prinsip keselamatan.​​​​​," ujarnya.​​

Dia mengajak masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan angkutan umum dalam melakukan perjalanan mudik hingga kembali lagi dari kampung halaman. Hal ini untuk mewujudkan Mudik Ceria Penuh Makna seperti slogan dari Kementerian Perhubungan selama masa angkutan Lebaran 2024," ujarnya.

"Dengan memakai angkutan umum, masyarakat dapat berkontribusi dalam mengurai kemacetan dan menekan angka kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Pohan mengatakan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan bersama Damri dapat memesan tiket melalui platform online via Damri Apps agar transaksi lebih efektif dan efisien.

Calon pelanggan pun dapat melakukan pemesanan tiket secara offline dengan metode cashless via QRIS, e-money, debit card, atau credit card di loket pada titik keberangkatan.

“Kami berharap Damri dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia dalam menciptakan perjalanan ke kampung halaman yang berkesan," kata Pohan.

Baca juga: Damri layani 900 pemudik pada Mudik Gratis Lintas Khatulistiwa 2024
Baca juga: Damri Lampung sebut tiket pada puncak arus mudik habis terjual
Baca juga: Damri usul 150 bus listrik lewat PMN dukung program pemerintah
​​​​​​​


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024