Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, Provinsi Lampung menerjunkan tim guna memantau suasana malam takbir di sejumlah tempat di daerah itu untuk memastikan kegiatan itu berjalan secara kondusif.

"Ya, kami bentuk lima tim, untuk memantau suasana malam takbiran di kota ini," kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana di Bandarlampung, Selasa malam.

Ia berharap, malam takbir dalam rangka merayakan hari kemenangan bagi umat Islam di kota ini berjalan dengan kondusif, tanpa gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Saya harap malam takbir berjalan lancar dan kondusif di Bandarlampung," kata dia.

Baca juga: PHBI Mimika gelar takbir keliling sambut Idul Fitri 1445 Hijriah

Ia meminta warga menaati imbauan Polda Lampung untuk tidak menyalakan petasan atau kembang api dalam merayakan malam takbir.

"Kan, sudah ada imbauan dari Polda Lampung, kami harap masyarakat menaatinya, untuk keamanan kita bersama," kata dia.

Eva juga mengingatkan warga yang mudik agar melaporkan atau memberitahu pamong setempat agar rumahnya dapat dipantau dan dijaga.

"Ya, jadi biar aman saat mudik, dititip rumahnya ke tetangga atau pamong setempat, jadi pas balik lagi tetap aman," kata dia.

Di Bunderan Lungsir, Kota Bandarlampung, Selasa malam, suasana jalan ramai lancar yang didominasi kendaraan pribadi dan roda dua. Namun sesekali terlihat mobil bak terbuka berkeliling dengan penumpang mengumandangkan takbir.

Pada malam takbir di Bunderan Lungsir juga banyak masyarakat berkumpul di warung-warung kopi sepanjang trotoar di sekitaran Jalan Dr Susilo dan Jalan Diponegoro yang merupakan pusat berkumpul masyarakat guna menikmati suasana.

Baca juga: Pawai mobil hias meriahkan malam takbiran Idul Fitri di Karimun Kepri
Baca juga: Kemenag-Masjid Istiqlal gelar pawai obor ramaikan malam takbir Lebaran
Baca juga: Pemerintah tetapkan Idul Fitri 1445 Hijriah pada Rabu 10 April 2024

 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024