Jayapura (ANTARA) - Sekitar lima ribu lebih umat Islam se-Distrik Heram, Kota Jayapura, Provinsi Papua mengikuti shalat Idul Fitri 1445 Hijrah di Lapangan TNI dari Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) 10 Waena, Rabu.

Ketua Badan Koordinasi Masjid dan Musholla Distrik Heram Abdul Musawir Sabri mengatakan jamaah yang hadir untuk melaksanakan Shalat Id dari 15 masjid dan 10 mushalla yang ada di Distrik Heram.

"Pelaksanaan ibadah Shalat Id dimulai pukul 07.30 WIT dipimpin ustadz H Fathudin Runfot dan sebagai khatib ustadz Shofwan Al Jauhari," katanya.

menurut Sabri, pada dasarnya makna dari Idul Fitri seperti yang disampaikan khatib ustadz Shofwan Al Jauhari ialah bagaimana umat bisa mengamalkan apa yang telah dilatih selama bulan suci Ramadhan.

Baca juga: Khatib harap Muslim Jayapura tingkatkan kerukunan antarumat beragama

"Sehingga kemenangan ini harus dirayakan dengan saling memaafkan dan memberi kepada sesama tetapi juga saling menjaga persatuan dan kesatuan," ujarnya.

Dia menjelaskan shalat id juga bertujuan tidak hanya syiar tetapi juga menunjukkan kebersamaan dan tidak tercerai berai hanya untuk kepentingan semata.

"Karena sesungguhnya Ramadhan melatih kami untuk bertakwa. Takwa yang diharapkan bukan hanya bulan Ramadhan saja melainkan takwa itu harus dibawa 11 bulan ke depan," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya bersyukur pelaksanaan shalat Id di Lapangan Denzipur X Waena berjalan dengan aman dan lancar didukung dengan. cuaca yang cerah meski saat malam hari terjadi hujan yang cukup deras.

Baca juga: Mantan Ketua MK ajak manfaatkan momen Lebaran untuk rekonsiliasi
Baca juga: Jusuf Kalla ajak Muslim lanjutkan ibadah yang baik usai Ramadhan

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024