Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menitipkan pesan kepada kader PDIP dan masyarakat melalui Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah agar menjadikan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah untuk momentum introspeksi dan berdamai.

Hal itu disampaikan Basarah setelah menunaikan Shalat Idul Fitri di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu. Dia mengatakan Idul Fitri menjadi momentum saling introspeksi.

“Kita jadikan momentum sebagai introspeksi, kita saling maaf-memaafkan dan kemudian kita memperbaikinya di hari-hari mendatang,” ujar Basarah.

Selain itu, Megawati berpesan kepada seluruh kader PDI Perjuangan dan masyarakat agar dapat memaknai momen lebaran sebagai hari yang suci.

Untuk itu, dia mendorong agar melupakan segala perbedaan dan sambut dengan suka cita.

“Introspeksi kita melihat kemasyarakatan dan kebangsaan kita selama satu tahun terakhir ini, perjalanan kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan,” katanya.

Ia juga menyinggung momen perayaan Idul Fitri ini bersinggungan dengan situasi politik setelah Pemilu dan Pilpres 2024.

Hal itu karena lebaran ini menjadi arena yang tepat bagi seluruh pihak untuk kembali ke fitrah
masing-masing.

“Saya kira inilah semangat Idul Fitri yang patut kita ambil hikmahnya untuk keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang,” pungkas Basarah.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024