Alhamdulillah pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah berlangsung aman dan itu menjadi bukti tingginya toleransi di Tanah Papua
Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri menyatakan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Tanah Papua berlangsung aman.

"Alhamdulillah pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah berlangsung aman dan itu menjadi bukti tingginya toleransi di Tanah Papua," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Jayapura, Rabu.

Ditemui seusai Shalat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Mapolda Jayapura, Kapolda Papua berharap toleransi dapat terus terjaga sehingga menjadi contoh bagi daerah lainnya di Indonesia.

"Terus jaga toleransi antar umat beragama dan pererat tali persaudaraan sehingga keamanan tetap terjaga," ucapnnya.

Baca juga: PHBI Mimika: 1.000 umat Muslim mengikuti Shalat Id 1445 Hijriah

Ketika ditanya tentang situasi keamanan di wilayah hukum Polda Papua, Irjen Pol Fakhiri mengakui kondisi keamanan relatif terkendali walaupun ada beberapa daerah yang rawan.

Aparat keamanan, kata dia, terus berjaga-jaga untuk memberikan rasa aman dari gangguan kelompok bersenjata.

"TNI-Polri akan terus berupaya menjaga keamanan di wilayah tugasnya, guna memberikan rasa aman kepada masyarakat," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Wilayah hukum Polda Papua meliputi empat provinsi di Tanah Papua yakni Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan, dengan 29 kabupaten dan kota.

Baca juga: Umat Muslim di Timika ziarah ke TPU usai Shalat Id 1445 Hijriah
Baca juga: Ribuan umat Islam Heram Shalat Id di Lapangan Denzipur X Waena

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024