Kami akan mendahulukan upaya peneguran dan mengingatkan pengendara
Jakarta (ANTARA) - Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Metro Jakarta Utara Komisaris Polisi Edy Purwanto menyatakan tidak akan mengenakan sanksi tilang kepada masyarakat selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kita tidak menindak masyarakat dengan tilang sepanjang libur ini," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara Kompol Edy Purwanto di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan jika ada masyarakat yang melakukan pelanggaran, petugas akan melakukan teguran dan mengingatkan akan pelanggaran yang dilakukan tersebut dengan humanis.

"Kami akan mendahulukan upaya peneguran dan mengingatkan pengendara," kata dia.

Namun apabila ada pelanggaran yang memiliki potensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang dapat mengakibatkan kematian maka pihaknya bisa saja lakukan penindakan tegas.

"Kalau tidak bisa ditegur lagi dan diingatkan tentu kami lakukan tindakan tegas agar meminimalkan terjadinya kecelakaan," kata dia.

Kompol Edy mengatakan pihaknya menurunkan 200 personel lalu lintas dalam pengamanan saat libur Idul Fitri tahun ini.

"Seluruh personel akan melakukan pengamanan lau lintas terutama destinasi wisata yang ada di Jakarta Utara ini," kata dia.

Dirinya mengingatkan agar masyarakat dan pengendara selalu tertib dalam berlalu lintas dan menggunakan kendaraan yang layak digunakan di jalan raya.

"Kami imbau agar melengkapi dokumen berkendara dan selalu tertib menggunakan instrumen keselamatan berlalu lintas," kata dia.

Ia mengatakan di Jakarta Utara ini ada dua destinasi wisata yang menjadi pusat kunjungan masyarakat saat libur Idul Fitri yakni di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) di Kecamatan Penjaringan dan Ancol di Kecamatan Pademangan.

Untuk PIK yang menjadi destinasi wisata di PIK 2 sementara untuk Polres Metro Jakut kawasannya di PIK 1 sehingga hanya jalur perlintasan saja.

Sementara untuk kawasan Ancol memang diprediksi padat karena pada libur tahun lalu jumlah pengunjung juga padat.

"Ada tiga indikator yang akan digunakan yakni indikator hijau, kuning dan merah," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024