Baghdad (ANTARA News) - Serangkaian serangan di Baghdad dan Irak utara menewaskan empat polisi dan belasan orang terluka pada Senin, dalam gelombang pertumpahan darah nasional terbaru yang telah berlangsung selama beberapa bulan.

Lonjakan kekerasan, yang telah menewaskan lebih dari 5.600 orang sejauh tahun ini, telah memaksa Irak untuk meminta bantuan internasional guna memerangi militansi hanya beberapa bulan sebelum pemilihan umum pertama dalam empat tahun dilangsungkan.

Kekerasan yang ditargetkan pada polisi Sabtu terjadi di ibu kota dan utara kota utama Mosul.

Di Baghdad, dua pemboman terpisah menargetkan patroli polisi menewaskan tiga penegak hukum itu dan melukai 11 orang lainnya, pejabat keamanan dan petugas medis.

Dan di Mosul, gerilyawan menembaki sebuah pos pemeriksaan polisi, menewaskan seorang polisi dan melukai yang lain.

Kerusuhan itu adalah yang terbaru dalam gelombang serangan berlarut-larut telah mendorong kekerasan ke tingkat tertinggi sejak 2008, ketika Irak pulih dari perang sektarian Sunni-Syiah terburuk.

Perdana Menteri Nuri al-Maliki telah menyerukan bantuan kepada Washington dalam bentuk berbagi intelijen yang lebih besar dan pengiriman tepat waktu sistem senjata baru dalam upaya mengekang pertumpahan darah.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013