Malang (ANTARA News) - Tim Satya Wacana Metro LBC Bandung meraih kemenangan perdana atas Hangtuah Sumsel IM pada ajang speedy National Basketball League (NBL) 2013-2014 yang digelar di GOR Bimasakti Malang, Sabtu.

Kemenangan Satya Wacana dengan skor tipis 59-55 atas Hangtuah Sumsel IM itu juga menjadi kemenangan pertama sekaligus mematahkan tradisi buruk ketika menghadapi tim tersebut. Dari 12 kali pertemuan dengan Hangtuah, Satya Wacana membukukan kemenangan terakhir kalinya pada seri kelima NBL Indonesia musim 2010-2011.

Sejak tip-off kuarter pertama, pertandingan berjalan alot karena kedua tim saling kejar-mengejar angka, bahkan margin angka tidak lebih dari 4 poin. Berkali-kali kedua tim saling mengancam satu sama lain, namun Satya Wacana akhirnya menutup kuarter pertama dengan keunggulan 12-10.

Di kuarter kedua, suasana makin "panas". Tertinggal 17-19, Satya Wacana menyamakan kedudukan melalui aksi slam dunk spektakuler pemain asal Papua, Yoppi France Giay, sekaligus menjadi slam dunk pembuka musim reguler ini.

Aksi memukau Yoppi France Giay tak mampu membendung Hangtuah yang akhirnya menutup kuarter kedua dengan kemenangan Hangtuah yang mengemas skor 21-24.

Pada awal kuarter ketiga, tembakan Musthofa Ramadhan menambah poin bagi Satya Wacana. Di kuarter ini, Satya Wacana banyak menambah pundi-pundi poinnya dari tembakan bebas (free throw).

Akurasi 100 persen Yo Sua saat mengeksekusi tembakan bebas mampu menambah 7 poin Satya Wacana. Kuarter ketiga ditutup dengan skor 39-42, keunggulan masih milik Hangtuah.

Kuarter terakhir, permainan berlangsung makin panas, bahkan Gian Gumilar (Satya Wacana) dan Bayu Anggara (Hangtuah) hampir terlibat adu fisik, sehingga harus terkena technical foul. Hingga akhir kuarter empat, Hangtuah sulit mengejar perolehan Satya Wacana yang menang tipis 59-55 atas Hangtuah.

Usai pertandingan pelatih kepala Satya Wacana Efry Meldi menyatakan kekuatan timnya terletak pada strategi ofensif yang ia instruksikan.

"Karakter permainan lawan terlihat defensif. Karena itu, setiap pemain lawan mendapat bola, saya selalu meminta mereka untuk langsung serang, apalagi dari awal saya tekankan pada pemain bahwa level permainan tim kami dan Hangtuah sama," tegasnya.

Tiga pemain Satya Wacana mencetak dua digit pada game ini dan Gian Gumilar tampil sebagai pendulang poin terbanyak dengan donasi 17 poin. Disusul oleh Yo Sua dan France Yoppi Giay yang masing-masing mengemas 13 poin.

Sementara dari kubu Hangtuah, pengumpul angka terbanyak dibukukan oleh Frida Aris Susanto. Pemain yang diboyong Hangtuah dari Satria Muda melalui pertukaran ini mendulang 12 poin. (E009/A020)

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013