Jakarta (ANTARA) -
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat, khususnya umat Islam untuk menjaga perayaan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri di Indonesia yang unik, seperti menggelar open house untuk mengikat erat tali silaturahim antarwarga.
 
"Ini adalah keunikan dari Idul Fitri di Indonesia yang harus kita jaga sama-sama," kata Anies kepada wartawan usai menggelar acara open house di kediamannya di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu.
 
Dari seluruh negara dengan warganya merayakan Lebaran atau Idul Fitri, menurut dia, hanya di Indonesia yang menjadikan hari raya tersebut sebagai momentum mengikat erat tali silaturahim dan momentum kumpul keluarga serta teman untuk saling bermaafan serta mempertemukan pihak-pihak yang sudah lama tidak berjumpa.
 
"Idul Fitri dirayakan di seluruh dunia, tapi tidak di semua tempat merayakannya sebagai sebuah event untuk mengikat erat tali silaturahim, untuk saling memaafkan, dan untuk mempertemukan yang sudah lama tak berjumpa," ucap calon presiden pada Pilpres 2024 itu.
 
Berikutnya, Anies mewakili keluarga besarnya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada masyarakat Indonesia yang merayakannya.
 
Dia mendoakan agar setiap pahala dari ibadah yang telah dilakukan umat Islam pada bulan suci Ramadhan yang lalu dapat dilipatgandakan oleh Allah SWT.
 
"Semoga ibadah kita di bulan suci Ramadhan dilipatgandakan pahalanya dan mengantarkan kita semua ke derajat muttaqin (derajat paling istimewa dan berada pada level paling tinggi bagi seorang hamba Allah)," kata dia.
 
Anies juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pihak apabila ia pernah salah dalam berkata ataupun bertindak. Open house yang digelar oleh Anies Baswedan berlangsung sejak pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.32 WIB.
 
Berdasarkan pantauan di lokasi kediaman Anies Baswedan itu, warga tampak antusias untuk bersalaman dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Warga bersorak memanggil Anies saat mengantre memasuki area pendopo rumah tersebut.
 
Tampak pula sejumlah pihak yang hadir, antara lain Wakil Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) Thomas Lembong dan artis senior Adrian Maulana.

Baca juga: Prabowo buka pintu rumahnya untuk halalbihalal jajaran pejabat

Baca juga: Dari Solo, Gibran lanjutkan halalbihalal ke kediaman Prabowo

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024