Jakarta (ANTARA) - Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung melanjutkan langkahnya ke babak 16 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 setelah menuntaskan babak pertama di Ningbo, China, Rabu.

Pada babak 32 besar itu Gregoria menang atas tunggal putri Jepang Natsuki Nidaira melalui dua gim langsung dengan skor 21-9, 21-14.

Salah satu kunci kemenangan Gregoria adalah dengan tetap fokus sehingga mampu mengurangi kesalahan sendiri pada pertandingan tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu evaluasi Gregoria setelah pada pertemuan sebelumnya ia kurang dalam dua aspek itu.

“Puji Tuhan saya bisa mengatasi lawan hari ini. Maklum dalam pertemuan terakhir hasilnya berbeda dengan pertemuan hari ini. Karena itu saya cukup hati-hati bermain. Mengingat di pertemuan terakhir saya banyak melakukan kesalahan sendiri,” ujar Gregoria, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

Fokus yang tinggi itu pun membawa Gregoria yang turun sebagai unggulan ketujuh dalam turnamen ini bisa tampil lebih lepas dan rapi.

“Tetapi dalam pertandingan hari ini saya bisa bermain lebih rapi. Selain itu lawan juga tidak nyaman. Lawan banyak melakukan kesalahan sendiri yang menguntungkan saya,” kata Gregoria.

Baca juga: Jonatan andalkan variasi serangan demi melangkah ke 16 besar BAC

Dengan ini, maka tunggal putri peringkat tujuh dunia itu berpeluang untuk berjumpa dengan Pai Yu Po asal Taiwan di babak 16 besar BAC 2024.

“Untuk menghadapi pertandingan berikut, saya masih menunggu lawan. Saya punya motivasi tersendiri untuk mengejar target untuk bisa melaju sejauh mungkin di kejuaraan ini,” kata Gregoria.

Sementara itu, tunggal putri lainnya Ester Nurumi Tri Wardoyo harus menelan kekalahan dari unggulan kedelapan asal China Wang Zhi Yi dengan skor 9-21, 10-21.

“Permainan saya hari ini tidak bisa keluar, saya masih sering ragu-ragu. Saya sering memukul out dan mati sendiri,” kata Ester.

“Lawan sebenarnya tidak mematikan, tetapi saya yang banyak mati sendiri. Saya kurang sabar untuk menahan,” ujarnya menambahkan.

Sejauh ini Indonesia sudah menempatkan empat wakilnya di babak 16 besar BAC 2024. Selain Gregoria, ada ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari serta dua tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Baca juga: Leo/Daniel dan Meilysa/Rachel kurang sabar saat berlaga di BAC
Baca juga: Ginting pertahankan dominasi demi maju ke 16 besar BAC 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024