Jakarta (ANTARA) -
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memaparkan penanganan bencana di Indonesia di forum global, Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) di Paris, Prancis.
 
Dalam rilis Kementerian Sosial di Jakarta, Kamis, ia menjadi pembicara pembuka pada hari kedua forum infrastruktur tersebut dengan tema “Critical Infrastructure Resilience.”
 
Kementerian Sosial Indonesia telah menyiapkan sistem lumbung sosial 613 lumbung tersebar di 29 provinsi.

Selain itu, Kemensos menyiapkan buffer stock atau stok penyangga tersebar di 328 kota/kabupaten untuk membantu logistik saat terjadi bencana dan penanganan pascabencana.
 
Isi stok itu, katanya di Paris, Rabu (10/4) pagi waktu setempat, antara lain makanan, pakaian, tenda, pengolahan air minum, dapur umum, dan sarana kebersihan, seperti mesin cuci, sistem penerangan menggunakan energi Matahari, dan toilet portabel. Logistik tersebut untuk kelangsungan kehidupan keseharian warga.
 
Di samping itu, Kementerian Sosial menyiapkan penyembuhan trauma, tempat ibadah sementara, dan sekolah darurat yang dapat dilaksanakan saat penanganan bencana.

Baca juga: BNPB fokuskan mitigasi bencana gempa hingga penanganan PMK
 
Pada penanganan pascabencana, Kementerian Sosial memberikan bantuan rumah tahan gempa, pelatihan usaha dalam kondisi yang baru dimulai, untuk membantu masyarakat dalam memulihkan kehidupan
 
Dalam hal pengendalian penanganan dampak bencana, Kementerian Sosial menghimpun 25.008 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) dengan dibantu 49.916 pendamping sosial yang terhubung dalam sistem pusat komando secara digital.
 
Integrasi dengan BMKG juga telah memungkinkan menggerakkan sumber daya, seperti pemberian perintah dari direktorat-direktorat di Kementerian Sosial, 37 unit pelaksana teknis (sentra dan balai besar), hingga Tagana dan pendamping sosial, serta memungkinkan setiap sumber daya manusia memberikan laporan secara cepat sekitar 10 menit.
 
Moderator OECD Elsa Pilichowski berpendapat negara-negara OECD harus saling belajar satu sama lain. Indonesia menjadi salah satu yang bisa dicontoh dan dipelajari terkait dengan upaya penanganan bencana.
 
Ia mengapresiasi upaya-upaya yang ditempuh Kementerian Sosial dalam penanganan bencana di Indonesia.
 
"Tentu saja penanganan bencana sangat menantang. Upaya yang dilakukan sangat mengesankan, seperti command center (pusat komando) dan yang lainnya," katanya.

Baca juga: Kemensos turunkan lumbung sosial ke kecamatan agar mudah terjangkau
Baca juga: Mensos pastikan respons cepat penanganan dampak bencana
Baca juga: Jakarta jadi tuan rumah "Crisis Management Conference 2024"


 
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024