Revitalisasi di terminal 1C itu mengapa bertahun-tahun tidak segera diselesaikan? Padahal itu kan pekerjaan teknis yang sederhana ....
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi V DPR RI Sudewo berharap PT Angkasa Pura II dan seluruh pemangku kepentingan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) segera merampungkan proses revitalisasi, khususnya Terminal 1C.

“Revitalisasi di Terminal 1C itu mengapa bertahun-tahun tidak segera diselesaikan? Padahal itu kan pekerjaan teknis yang sederhana bukan menuntut teknologi tinggi atau sumber daya manusia yang tinggi, mestinya harus segera diselesaikan,” ujar Sudewo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Sudewo mengatakan bahwa operasional terminal tersebut dibutuhkan terutama saat meningkatnya jumlah penumpang pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

“Inilah yang penting bagi Dirjen (Perhubungan) Udara, Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, dan semuanya untuk meningkatkan pelayanan supaya penumpang bisa terlayani dengan baik dan tidak ada penumpukan,” kata Sudewo.

Baca juga: Polres Bandara Soetta hadirkan Pos Ramah Ibu dan Anak saat arus mudik

Sudewo mengatakan bahwa dalam rapat Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI terkait persiapan penanganan arus mudik dan arus baik di Tangerang, Banten, dirinya telah menekankan agar revitalisasi terminal tersebut sudah dapat rampung pada akhir 2024.

Menurut dia, Bandara Soekarno-Hatta merupakan wajah Indonesia di mata dunia yang ikut menjaga kewibawaan Tanah Air.

“Ini tadi sudah saya tekankan supaya  akhir 2024 itu sudah selesai. Terlebih Bandara Soekarno Hatta ini merupakan wajah Indonesia di mata dunia,” ucap dia.

Baca juga: H-4 Lebaran, Pergerakan penumpang di Bandara Soetta capai 188 ribu

PT Angkasa Pura II telah melakukan penutupan Terminal 1C Bandara Soekarno Hatta untuk proses revitalisasi sejak 2019. Pengembangan Terminal 1 akan dilakukan secara bertahap dimulai dari Terminal 1C dan akan menyusul kemudian Terminal 1B dan Terminal 1A.

Setelah direvitalisasi, terminal yang pertama kali dioperasikan pada 1985 ini ditargetkan akan memiliki kapasitas 18 juta penumpang, dua kali lipat dari sebelumnya yang sekitar 9 juta penumpang per tahun.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024