Tangerang (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten pada Sabtu (06/04) atau H-4 hari menjelang Idul Fitri (Lebaran) 1445 Hijriah/2024 Masehi telah mencapai 188.000 orang.

"Hari ini menjadi puncak arus mudik. Kita prediksi hari ini ada 1.200 penerbangan, lalu dengan total penumpang 188 ribu penumpang," kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda di Tangerang, Sabtu.

Dwi mengungkapkan, kepadatan penumpang penerbangan sudah terjadi sejak pukul 08.45 WIB, dengan memadati sekitar area Check In Pelita Air dan Garuda Indonesia.

Dengan begitu, dipastikan terjadi lonjakan penumpang dan diharapkan mencapai angka prediksi yang sudah ditetapkan.

Sejumlah langkah antisipasi untuk mengurai kepadatan terus dilakukan, baik dilakukan oleh Angkasa Pura II maupun oleh pihak maskapai. Misalnya saja, dengan membentuk tim yang dikepalai sesuai dengan job desk masing-masing.

"Sehingga, 4 jam sebelum terjadi kepadatan mereka sudah di posisi masing-masing. Jadi tadi kita lihat, tidak ada keterlambatan petugas di posisinya," jelasnya.

Ia menyebutkan untuk kepadatan penumpang di Bandara Soekarno Hatta pun diprediksi bukan hanya pada pagi Sabtu ini saka.

Melainkan, kata dia, akan terjadi secara bergelombang yaitu seperti di Terminal 1 dan 2 terjadi kepadatan di pukul 05.00 WIB sampai 08.00 WIB, lalu di Terminal 3 mulai dari pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB.

"Sore nanti agak landai, nanti malam padat lagi untuk Indonesia bagian timur. Lalu disusul penerbangan internasional pada sore hingga malam hari," kata dia.

Sementara itu, dari hasil pantauan ANTARA di lapangan terlihat ribuan penumpang tampak memadati area Check In Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Kepadatan penumpang terjadi di area check ini penerbangan domestik, seperti di area Pelita Air, Citilink dan Garuda Indonesia. Mulai dari self check in, check in bagasi, hingga area wrapping bagasi. Para penumpang tersebut tampak melakukan check in lebih awal.

Indri (28), salah satu calon penumpang mengaku bahwa dirinya akan melakukan penerbangannya pada pukul 15 WIB. Namun, dia bersama keluarganya sudah ikut antrean mengular sejak pagi pukul 10.00 WIB agar bisa check in.

"Agar tidak terlambat, saya ikut antrian sejak tadi pagi. Ternyata kondisinya raiam sekali di setiap conter itu," ucapnya.

Sementara terlihat, petugas maskapai mengatur antrean agar tidak menutup lajur pejalan. Ada juga petugas yang membantu self check in bagi mereka yang tidak membawa bagasi.

Baca juga: Polresta Bandara Soetta sebar 230 personel untuk amankan mudik 
Baca juga: H-7 Lebaran, pergerakan penumpang di Bandara Soetta capai 130 ribu
Baca juga: Kemenhub tambah 2.000 penerbangan pada periode Lebaran 2024

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024