Jakarta (ANTARA) -
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman berharap masyarakat dapat mengatur waktu saat kembali ke Jakarta atau saat balik ke Jakarta setelah merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah di kampung halaman.
 
Menurut dia, diperkirakan ada sebanyak satu juta kendaraan yang akan masuk ke Jakarta dalam waktu tanggal 13-16 April 2024 sehingga masyarakat diharapkan dapat memilih diantara tanggal tersebut.
 
"Kalaupun satu hari itu ada 250 ribu kendaraan itu pun sudah cukup tinggi. Oleh sebab itu saya mengharapkan masyarakat yang kembali ke Jakarta untuk mempersiapkan semuanya," katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
 
Selain mengatur waktu saat balik, Latif juga mengimbau kepada pemudik untuk memilih sejumlah gerbang tol agar tidak terjadi penumpukan kendaraan seperti di simpang susun Cikunir, Tanjung Priok dan Halim.
 
"Tiga tempat ini adalah tempat krusial buat titik masuknya Jakarta yang kita perhatikan betul-betul. Nah tapi kita sudah mempunyai tol fungsional, tol dari Cibitung menuju ke Cimanggis," katanya.

Baca juga: Polda Metro Jaya antisipasi 'mudik lokal' di wilayah aglomerasi
Baca juga: Polisi patroli rumah kosong yang tinggal mudik warga Jakut
 
Karena itu, masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok dan Cibubur, bisa melewatinya dan tidak perlu melewati 
Cikunir karena waktu serta jarak tempuh yang signifikan.
 
Soal "contraflow", Latif menjelaskan akan diberlakukan apabila khususnya di dalam tol yang masuk halim terjadi kepadatan
 
"Itu langkah terakhir yang akan kita lakukan yaitu akan melakukan 'contraflow' yaitu dari pintu Tol Halim mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan gedung DPR," katanya.
 
Latif juga menambahkan, arus balik akan dipecah dari awal sehingga masuk ke Jakarta akan lebih nyaman.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024