Stasiun Lambuang Bukittinggi hadir dengan format modern terpadu dikemas secara profesional
Bukittinggi (ANTARA) -
Pusat Kuliner Modern Stasiun Lambuang Bukittinggi, Sumatera Barat, menjadi salah satu lokasi favorit pemudik dan warga khususnya di malam hari saat libur Lebaran 2024.
 
Stasiun Lambuang yang diresmikan Menteri BUMN Erick Tohir pada Maret 2024 tampak ramai didatangi masyarakat didominasi perantau Sumatera Barat yang berlibur ke Kota Bukittinggi.
 
"Layak menjadi pusat kuliner modern Sumbar. Di malam hari pertama lebaran Stasiun Lambuang tetap beroperasi. Suasananya aman nyaman dengan banyak kontainer penyedia kuliner aneka ragam," kata seorang perantau asal Jakarta Anto Maruhun (33) di Bukittinggi, Kamis.
 
Anto datang bersama enam orang rekannya yang mengaku baru pertama kali mengunjungi Stasiun Lambuang Bukittinggi.
 
"Ada area parkir yang banyak menampung kendaraan. Biasanya tidak teratur sebelum ini diresmikan. Selama ini hanya melihat di media dan ternyata benar-benar betah berlama-lama di sini," kata dia.

Baca juga: Menteri BUMN apresiasi pusat kuliner "stasiun lambuang" Bukittinggi
 
"Selain suasana santai yang cocok membawa keluarga, ada suguhan penampilan musik juga. Tampilannya modern dengan meja bangku rapi. Bukittinggi semakin hebat," kata warga lainnya, Kayo Osmon (40).
 
Kepala Dinas Perdagangan Kota Bukittinggi Wahyu Bestari mengatakan Stasiun Lambuang menjelma menjadi pusat kuliner terpadu terpusat dan mampu menampung ratusan pedagang yang sebelumnya berjualan di badan jalan.
 
"Bukan hanya peningkatan secara kuantitas sejumlah 116 gerai, tapi juga kualitas karena Stasiun Lambuang Bukittinggi hadir dengan format modern terpadu dikemas secara profesional," kata Wahyu.
 
Menurutnya, Stasiun Lambuang menjadi prestasi ekonomi di Bukittinggi dengan menaikkan level pedagang kaki lima menjadi pedagang permanen.
 
"Sesuai arahan Wali Kota, ini adalah konsep pengelolaan wisata kuliner terpadu terpusat pertama di Sumbar. Kami ingin mengambil peluang wisata kuliner yang dikemas lebih profesional dengan tetap mempertahankan kearifan lokal sesuai kebutuhan pengunjung," sebutnya. 

Baca juga: Menteri BUMN resmikan Kawasan Kuliner Stasiun Lambuang Bukittinggi

Baca juga: Pemkot Bukittinggi gelar operasi pasarjelang Ramadhan
 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024