Jakarta (ANTARA) - Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie melangkah ke babak perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 di Ningbo, China, Kamis.

Kepastian itu Jonatan dapatkan setelah mengalahkan tunggal putra Hong Kong Lee Cheuk Yiu melalui dua gim langsung dengan skor 21-14, 21-16.

Jonatan yang turun sebagai unggulan ketiga dalam turnamen ini mengatakan, salah satu kunci kemenangannya kali ini adalah adaptasinya yang cukup baik dan cepat di lapangan.

“Puji Tuhan bisa melewati pertandingan babak kedua dengan cukup baik. Adaptasi dengan suasana pertandingan juga lebih baik dibanding kemarin,” kata Jonatan, dikutip dari keterangan singkat PP PBSI.

“Dari pertandingan ini ada bekal untuk menghadapi pertandingan besok. Jadi gambarannya lebih terbuka dibandingkan kemarin,” ujarnya.

Baca juga: Jonatan andalkan variasi serangan demi melangkah ke 16 besar BAC

Mengenai pertandingan perempat final, Jonatan menilai persaingan akan menjadi lebih alot, terlebih, ia juga harus beradaptasi dengan suasana lapangan baru. Hal itu dikarenakan mulai babak delapan besar nanti, kejuaraan akan diselenggarakan di dua lapangan pertandingan.

“Mulai besok sepertinya kejuaraan sudah akan menggunakan dua lapangan. Jadi dari pertandingan hari ini, suasana, angin, dan shuttlecock-nya, saya sudah dapat gambarannya,” kata Jonatan.

“Dengan hari ini tampil di court dua, saya sudah bisa mendapat banyak gambaran. Ini jadi bekal saya untuk menghadapi pertandingan besok,” ujarnya.

Juara All England Open 2024 itu bakal berjumpa dengan tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia pada partai perempat final.

Jonatan mengatakan akan mempersiapkan diri sebaik mungkin dan mencoba merebut kemenangan dari Lee, mengingat ia sebelumnya kalah pada babak 16 besar India Open 2024.

“Menghadapi Lee Zii Jia besok, tentu tidak gampang, apalagi di pertemuan terakhir saya juga kalah. Mulai besok ya saya anggap saja mulai nol-nol lagi. Jadi saya rasa semua punya peluang. Tinggal siapa yang bisa memanfaatkan peluang tersebut,” kata tunggal putra peringkat lima dunia itu.

Baca juga: Langkah Rinov/Pitha dihentikan Seo/Chae di 16 besar BAC 2024

Sementara itu, hari ini masih ada empat wakil Indonesia lainnya yang akan berlaga di babak kedua BAC 2024. Di sektor yang sama, unggulan kedua Anthony Sinisuka Ginting akan bertemu dengan wakil Uni Emirat Arab Somi Romdhani.

Di nomor ganda campuran, ada Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja akan berjumpa dengan wakil Korea Selatan Kim Won Ho/Jeong Na Eun.

Lebih lanjut, ada ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang bakal bertemu dengan wakil Taiwan Lu Ching Yuan/Yang Po Han.

Berlanjut ke sektor tunggal putri, ada Gregoria Mariska Tunjung yang akan berjumpa dengan wakil Taiwan lainnya, Pai Yu Po di babak 16 besar.

Baca juga: Enam wakil Indonesia lanjutkan perjuangan di 16 besar BAC 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024