Jakarta (ANTARA) - Warga negara Indonesia (WNI) dan diaspora Muslim di Kenya merayakan Idulfitri 1445 Hijriah dalam kerukunan di Wisma Indonesia di Nairobi.

Duta Besar RI untuk Kenya Hery Sarupudin mengajak WNI dan diaspora Kenya untuk kembali merenungi makna Idulfitri, menurut keterangan KBRI Nairobi yang diterima di Jakarta, Kamis.

"Saya mengajak untuk merenungkan kembali makna Idul fitri, dan melanjutkan tradisi bersilaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan dengan keluarga, sahabat, kerabat, handai taulan, dan berbagi suka cita dan kebahagiaan," ujar Hery.

Hery mengatakan suasana keluarga dan hidangan lebaran yang tersaji di Wisma Indonesia menjadi penawar rindu bagi warga Indonesia yang jauh dari tanah air dan sanak saudara.

Dalam acara silaturahim tersebut, kuliner khas tanah air pun dihidangkan, seperti lontong, opor ayam, semur daging, sambal balado, es cendol dan ketan durian.

Duta Besar RI untuk Kenya, Hery Sarupudin menjamu friends of Indonesia dalam suasana Idul Fitri di Wisma Indonesia Nairobi, Kenya, Rabu (10/4/2024). (Antara/HO-KBRI Nairobi)

Selain itu, momen Idulfitri juga dimanfaatkan untuk memperkuat kembali rasa persaudaraan dan persatuan.

Acara silaturahmi di Wisma Indonesia dihadiri ratusan warga, tidak hanya masyarakat Muslim, namun juga warga Indonesia lainnya, dan friends of Indonesia yang terdiri dari korps diplomatik, pejabat pemerintah, pebisnis dan jurnalis Kenya.

Kegiatan tersebut juga menjadi ajang promosi kuliner tradisional, batik dan tenun sebagai warisan budaya, serta menumbuhkan kecintaan pada Indonesia.

Baca juga: WNI di Qatar jalankan shalat Idul Fitri 1445 H

Baca juga: Ratusan WNI rayakan Idulfitri di tengah kehangatan musim semi Madrid

 
 
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024