Untuk fasilitas tahun ini ada perubahan-perubahan terutama di dalam kawasan penambahan jumlah spot foto.
Tabanan, Bali (ANTARA) -
Pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot, Kabupaten Tabanan, Bali, menambah delapan tempat untuk berfoto menyambut wisatawan selama libur Lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriah/tahun 2024.
 
Kepala Divisi Humas DTW Tanah Lot Putu Erawan yang ditemui di Tanah Lot, Tabanan, Kamis, mengatakan penambahan jumlah spot foto tersebut merupakan wujud kesiapan dari pengelola untuk memperbanyak pilihan tempat berfoto bagi para pengunjung yang akan berlibur di daerah itu.

Apalagi pada periode libur Lebaran tahun ini, diprediksi jumlah pengunjung bakal mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.
 
"Untuk fasilitas tahun ini ada perubahan-perubahan terutama di dalam kawasan penambahan jumlah spot foto," kata dia.
 
Delapan spot foto tersebut bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang akan berkunjung di DTW Tanah Lot.
 
Selain penambahan spot foto, pada Jumat 12 April 2024, pengelola DTW Tanah Lot akan melakukan pertunjukan seni budaya lokal khusus untuk menyambut para wisatawan.
 
"Esok kami ada atraksi tarian Bali dan pembagian berupa suvenir dari kami kepada yang beruntung. Kemudian kami bagikan snack," kata dia lagi.
 
Putu Erawan menyampaikan kapasitas tempat parkir di DTW Tanah Lot dapat menampung 50 kendaraan bus besar, 100 kendaraan roda empat, dan 500 lebih kendaraan roda dua.
 
Untuk kunjungan wisatawan, berdasarkan data yang diperoleh dari pengelola DTW Tanah Lot, jumlah wisatawan yang mengunjungi DTW Tanah Lot sejak 1 April sampai 10 April 2024 tercatat 36.415 orang. Dari jumlah tersebut, terdata jumlah kunjungan paling tinggi terjadi pada Rabu, 10 April 2024 yakni 6.385 orang dan sebelumnya Selasa, 9 April 2024 sebanyak 6.280 orang.
 
Jumlah tersebut akan bertambah seiring dengan waktu liburan panjang Lebaran masih beberapa hari lagi. Pada periode normal, jumlah kunjungan wisatawan di DTW Tanah Lot rata-rata 4.000 wisatawan.
 
Dari data tersebut, wisatawan domestik lebih banyak dibandingkan dengan wisatawan mancanegara. Sebagai sampel, pada Rabu, 10 April 2024, jumlah kunjungan wisatawan 6.385 yang terdiri dari 1.979 wisatawan asing dan sisanya 4.406 wisatawan domestik. Wisatawan asing yang berkunjung ke Tanah Lot dominan berasal dari China dan India.
 
"Rombongan yang datang mereka pakai bus kemudian kalau hari ini yang kami lihat mereka menggunakan mobil pribadi dan terakhir ada juga yang memakai sepeda motor bersama keluarga," kata Putu Erawan.
 
Pengelola DTW Tanah Lot memprediksi jumlah kunjungan wisatawan selama liburan Lebaran tahun 2024 rata-rata menyentuh angka 7.000 orang.
 
Untuk tiket masuk DTW Tanah Lot rinciannya untuk turis asing dewasa Rp75.000, untuk asing anak-anak Rp45.000, Rp30.000 untuk wisatawan domestik dewasa dan Rp20.000 untuk tiket domestik anak-anak.
 
Putu Erawan mewakili pengelola DTW Tanah Lot menghimbau kepada para pengunjung untuk menjaga kesucian tempat yang ada di dalam kawasan DTW Tanah Lot.
 
"Terutama berpakaian yang baik dan sopan. Kemudian jangan minum minuman keras, jangan mabuk dan jangan membuat keributan," katanya pula.
Baca juga: DTW Tanah Lot-Bali catat kunjungan wisatawan domestik meningkat
Baca juga: Pengelola Tanah Lot awasi pergerakan wisatawan di tengah cuaca buruk

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024