Pelaksanaan mulai 5 Mei sampai akhir Mei karena untuk memeriahkan HUT Dekranas dan HUT PKK nasional yang akan dipusatkan di Solo
Solo (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surakarta, Jawa Tengah, memastikan pelaksanaan Solo Great Sale (SGS) Tahun 2024 lebih meriah.

"Tahun ini ketambahan ada acara HUT Dekranas, HUT PKK yang dipusatkan di Solo. Ada juga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Ketua Kadin Kota Surakarta Ferry Septha Indrianto di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Selain itu, SGS kali ini juga bagian dari wujud syukur para pelaku usaha atas kemenangan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

"Bersyukur pemilu sudah selesai, berjalan dengan damai, semua harus bersatu. Sekaligus syukuran untuk Mas Gibran, sebentar lagi pindah Jakarta," katanya.

Sama dengan tahun 2023, SGS 2024 akan diselenggarakan per klaster, dengan klaster unggulan pariwisata dan kerajinan.

Disinggung mengenai target transaksi pada SGS, dikatakannya, tidak ada target nominal yang ditetapkan oleh Kadin Surakarta.

Baca juga: Jumlah penumpang KA jarak jauh relasi Solo masih tinggi 

Baca juga: Jutaan kendaraan lintasi Solo sejak H-7 Lebaran

"Targetnya adalah membangun ekosistem kita, dunia usaha itu. Kita harus tahu bahwa namanya usaha harus memberikan keuntungan, baik ke pengusahanya, SDM-nya, dan pemerintah kotanya. Artinya kita mampu menangkap itu semua melalui SGS," katanya.

Selain itu, ia juga berharap ada kerja sama yang terjalin antara investor yang masuk ke Solo dengan para pelaku usaha lokal.

"Solo Safari itu bagus, namun alangkah bagusnya Solo Safari kerja sama dengan perusahaan lokal. Itu yang ingin kami dorong, ada transfer knowledge sehingga Solo bisa makin berdikari," katanya.

Menurut dia, infrastruktur di Solo yang sudah dibangun sedemikian rupa harus bisa dioptimalkan dengan baik oleh masyarakat, salah satunya pelaku usaha.

"Kalau ini tidak bisa ditangkap nilai kemanfaatannya ya rugi," katanya.

Pengurus Kadin Kota Surakarta RAy Febri Hapsari Dipokusumo mengatakan pelaksanaan SGS 2024 ini maju dari biasanya di bulan Oktober menjadi bulan Mei.

"Pelaksanaan mulai 5 Mei sampai akhir Mei karena untuk memeriahkan HUT Dekranas dan HUT PKK nasional yang akan dipusatkan di Solo. Nantinya pada acara tersebut akan hadir 6.000 peserta dari seluruh Indonesia. Acara juga akan dihadiri oleh Ibu Negara dan istri Wapres," katanya.

Ia mengatakan Kadin Surakarta berkolaborasi dengan Panitia HUT Dekranas pusat dan Panitia HUT PKK pusat membuat beragam paket yang memberikan layanan atau hospitality kepada seluruh peserta.

"Paket yang disediakan Kadin, kami buat katalog khusus yang disebarkan di seluruh Indonesia. Berupa paket wisata, lokakarya, paket oleh-oleh yang dikelola oleh pengurus dan anggota Kadin Surakarta. Harapannya dengan kolaborasi maka SGS akan makin luas jangkauannya," katanya.

Baca juga: Ribuan penumpang turun di Stasiun Solobalapan pada H-2 Lebaran

Baca juga: Pj Gubernur Jateng pastikan harga pangan di Solo stabil jelang Lebaran

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024