Tadi pagi ada tujuh korban meninggal dunia, kemarin ada 12 orang yang meninggal dunia.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Aan Suhanan mengungkapkan penurunan angka kecelakaan lalu lintas secara nasional selama arus mudik Lebaran 2024 sebesar 12 persen mulai 4 April hingga hari-H, 10 April.

"Kami melihat evaluasi selama arus mudik, mulai 4 hingga hari-H untuk laka lantas ada penurunan secara nasional, ada 12 persen turun dari 1.723 kasus periode sebelumnya menjadi 1.581 kasus," kata Irjen Pol. Aan di KM 70 B Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, Kamis.

Begitu pula untuk fatalitas (kematian) korban akibat kecelakaan lalu lintas, menurut dia, turun 0,04 persen. Sementara itu, korban luka berat mengalami kenaikan 16 persen dan luka ringan turun 18 persen.

"Data itu kami bandingkan dengan masa operasi, masa operasi arus mudik pada tahun 2023," kata Kakorlantas.

Meski demikian, pihaknya prihatin dengan kejadian kecelakaan lalu lintas di KM 58 yang menewaskan 12 orang, Senin (8/4), kemudian kecelakaan di KM 370+200 ruas jalan Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah, yang menewaskan tujuh orang, Kamis pagi.

"Tadi pagi ada tujuh korban meninggal dunia, kemarin ada 12 orang yang meninggal dunia. Ini menjadi perhatian kita semua," kata Irjen Pol. Aan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terulang kembali, dia memerintahkan kepada para dirlantas polda jajaran untuk mengatasi titik rawan kecelakaan.

"Kami sudah melakukan evaluasi mengerahkan para dirlantas untuk menangani blank spot ini atau titik rawan kecelakaan menjadi lebih konsen lagi," ujar Aan.

Baca juga: Tujuh orang meninggal dalam kecelakaan bus di Tol Semarang-Batang
Baca juga: Menko PMK: 12 orang meninggal akibat kecelakaan di KM 58

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024