Kami harapkan kebutuhan masyarakat akan BBM dan LPG dapat terpenuhi dengan baik.
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga menyatakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Pertamina mencapai titik tertinggi pada H-1 Idul Fitri 1445 Hijriah atau Selasa (9/4), dengan kenaikan tertinggi terjadi pada produk Pertamax Turbo, yakni sebesar 104 persen.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan, di Jakarta, Kamis, memaparkan bahwa pada H-1 Idul Fitri 1445 H, konsumsi BBM seperti pertalite naik 37 persen dan pertamax juga bertambah hingga 99 persen. Kenaikan konsumsi hampir terjadi di semua jenis BBM.

“Tidak hanya BBM yang mengalami kenaikan selama satgas RAFI (Ramadhan dan Idul Fitri) 2024, LPG 3 kg juga dilakukan penambahan 5,8 persen dari kebutuhan normal,” kata Riva.

Untuk LPG 3 kg, kata Riva melanjutkan, peningkatannya mencapai 10,4 persen pada H-1 Idul Fitri 1445 Hijriah dibandingkan penyaluran harian normal.

"Kami harapkan kebutuhan masyarakat akan BBM dan LPG dapat terpenuhi dengan baik," kata Riva lagi.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menambahkan, setelah memenuhi kebutuhan BBM dan LPG pada arus mudik, Pertamina Patra Niaga masih terus bersiaga menyiapkan kebutuhan libur Idul Fitri dan arus balik nanti.

“Kami terus memonitor konsumsi BBM dan LPG, karena pasca hari H biasanya lokasi wisata diserbu masyarakat sehingga BBM dan LPG harus kami pastikan aman,” kata Irto.

Pertamina terus mengimbau masyarakat untuk dapat mengakses Call Centre Pertamina di nomor 135 jika menemukan kendala terkait BBM dan LPG di lapangan.

Pertamina menjaga pasokan energi melalui Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas Rafi) 2024 yang bertugas mulai 25 Maret hingga 21 April 2024.

Satgas Rafi bertugas untuk mengendalikan dan memantau penyaluran BBM, elpiji, serta energi lainnya. Pertamina ingin memastikan pasokan dan distribusi energi untuk masyarakat selama masa Ramadhan dan Idul Fitri berjalan aman dan lancar.
Baca juga: Pertamina: Konsumsi BBM jenis Pertamax di Sumsel naik hingga 11 persen
Baca juga: Pertamina catat konsumsi Pertamax Turbo naik 90 persen di H-6 Lebaran

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024