hanya puskesmas tingkat kelurahan yang libur
Jakarta (ANTARA) - Pelayanan puskesmas dan instalasi gawat darurat (IGD) 24 jam di Jakarta Selatan (Jaksel) tetap buka pada hari libur Lebaran 1445 Hijriah.

"Untuk puskesmas kecamatan tetap buka 24 jam," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan Yudi Dimyati di Jakarta, Kamis.

Yudi mengatakan selama libur Lebaran ini hanya puskesmas tingkat kelurahan yang libur, sedangkan IGD dan puskesmas tingkat kecamatan masih tetap buka untuk melayani warga.

Ia menjelaskan, pada tanggal 12, 13, 15, dan 16 April 2024 pelayanan puskesmas tingkat kelurahan hanya melayani dari jam 07.30 WIB hingga 12.00 WIB.

"Pelayanan kepada masyarakat pasti kami utamakan, dan petugas bergiliran menggunakan sistem piket," tuturnya.

Yudi menambahkan dengan tetap bukannya pelayanan kesehatan diharapkan masyarakat tetap mendapatkan pelayanan meskipun masuk libur Lebaran dan cuti bersama.

Sebelumnya, Jaksel menyediakan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi dan penumpang di Terminal Lebak Bulus, selama masa arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami melibatkan petugas dari sepuluh puskesmas dan enam RSUD untuk berjaga di Terminal Lebak Bulus," kata Yudi.

Ia mengatakan petugas yang berjaga di Terminal Lebak Bulus bergantian, dan posko kesehatan dijaga oleh seorang dokter, perawat, petugas sopir, dan juga disediakan ambulans.

Menurut dia layanan di posko kesehatan Terminal Lebak Bulus beroperasi mulai pukul 09.00-15.00 WIB, di mana pemeriksaan kesehatan yang diberikan seperti, pengecekan tekanan darah, alkohol pernafasan, amphetamine urine hingga gula darah.

"Bagi sopir bus yang dinyatakan tidak sehat akan diberikan rekomendasi larangan mengemudi dan dirujuk ke RSUD atau puskesmas terdekat," tuturnya.
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024