Jakarta (ANTARA) - Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjadi wakil Indonesia di cabang bulu tangkis nomor ganda campuran pada Olimpiade 2024 Paris, terlepas dari langkah mereka yang terhenti di babak 16 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 di Ningbo, China, Kamis.

BAC 2024 sendiri merupakan turnamen pengumpulan poin kualifikasi terakhir bagi atlet yang ingin berkompetisi di Olimpiade 2024 Paris.

Dikutip dari media sosial resmi PP PBSI, Rinov/Pitha memastikan tempat di panggung olahraga terbesar sedunia itu setelah poin mereka secara matematis masuk di 16 besar daftar Race to Paris.

Baca juga: PBSI yakin Rinov/Pitha dan Bagas/Fikri masih berpeluang lolos ke Paris

Posisi juara Spain Masters 2024 itu pun semakin didukung dengan Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica (Singapura) dan pasangan Indonesia lainnya, Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, yang juga tersingkir di babak yang sama di BAC 2024, hari ini.

Adapun Dejan/Gloria baru saja menelan kekalahan dari unggulan ketujuh asal Korea Selatan Kim Won Ho/Jeong Na Eun di babak kedua BAC 2024 dengan skor 18-21, 16-21.

Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari saat berlaga di babak 16 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 di Ningbo, China, Kamis (11/4/2024). ANTARA/HO-PP PBSI/aa. (Handout PP PBSI)
Dengan kepastian dari Rinov/Pitha ini pula, maka bulu tangkis Indonesia meloloskan enam wakil di kelima sektor yang akan dipertandingkan pada musim panas ini.

Dari sektor tunggal putra, ada Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, lalu diikuti oleh Gregoria Mariska Tunjung di nomor tunggal putri.

Baca juga: PBSI prioritaskan tiga nomor untuk rebut medali Olimpiade Paris

Lebih lanjut, ada peraih medali emas Olimpiade 2020 Tokyo Apriyani Rahayu yang kini berpasangan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti, yang menjadi wakil Indonesia pada sektor ganda putri.

Sementara, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi satu-satunya wakil Indonesia pada nomor ganda putra di Olimpiade mendatang menyusul kompatriotnya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, yang menelan kekalahan di babak pertama BAC 2024.

Bagas/Fikri tidak bisa menemani Fajar/Rian karena poin mereka tidak berada di atas pasangan China Liu Yuchen/Ou Xuanyi, yang berada di peringkat delapan Race to Paris.

Baca juga: Langkah Rinov/Pitha dihentikan Seo/Chae di 16 besar BAC 2024
Baca juga: Fajar/Rian nantikan duel kontra Liang/Wang di perempat final BAC
Baca juga: Menang mudah, Ginting lanjutkan perjuangan ke delapan besar BAC 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024