Surabaya (ANTARA) - Sebanyak 2.432 wisatawan mengunjungi kawasan wisata Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Surabaya pada hari kedua(H+2)Idul Fitri 1445 Hijriah atau 2024 Masehi, Kamis.

"Pengunjung hari ini cukup ramai, sampai jam 15.55 WIB jumlahnya sudah mencapai 2.432 orang," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Objek Wisata THP Kenjeran Rusdi Ismed di Surabaya.

Ismed mengatakan angka kunjungan tertinggi hari ini terjadi pada pukul 11.00 sampai 15.00 WIB.

Wisatawan yang menghabiskan waktu liburan itu datang tak hanya dari Kota Surabaya, tetapi dari beberapa daerah lain, seperti Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten, Gresik, dan Kabupaten Tuban.

"Bisa jadi datangnya setelah menyambangi keluarga yang ada di Surabaya," ujar dia.

Kedatangan wisatawan di H2 Idul Fitri lebih tinggi jika dibandingkan saat perayaan Hari Raya Idul Fitri, pada Rabu (10/4), jumlahnya berada di angka 766 pengunjung.

"Kemarin kondisinya sama seperti hari kerja, karena masih Lebaran juga," ucap Ismed.

Ismed memperkirakan bahwa puncak kedatangan wisatawan di momen libur Hari Raya Idul Fitri terjadi pada, Minggu (14/4) atau H+3 Lebaran.

Lebih lanjut, kata dia prediksi itu melihat pada kemungkinan terjadinya puncak arus balik Lebaran, sebab pada Selasa (16/4) masa libur sudah berakhir.

Dia optimistis kedatangan wisatawan tahun ini bisa ramai, paling tidak angka kunjungan sama dengan tahun kemarin.

"Kami harap jumlahnya seperti tahun kemarin, puncaknya sekitar 4.500 pengunjung,"

Selain itu, Ismed mengimbau kepada para calon pengunjung agar memprioritaskan pembelian tiket masuk THP melalui lama resmi yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya di tiketwisatasurabaya.co.id.

"Kami siapkan pembelian tiket secara daring untuk mengantisipasi antrean di pintu masuk. Kuotanya yang disiapkan sekitar 20 ribuan dan sudah bisa dipesan sejak H-7," tuturnya.
 

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024