... DPD sebaiknya diisi para raja atau sultan yang ada... "
Banjarmasin, Kalimantan Selatan (ANTARA News) - Wakil Kesultanan Kutai Kertanegara, Haryanto Bachroel, bergelar Pangeran Harry Gondo Prawiro, berharap pemerintah mengakomodasi aspirasi agar Dewan Perwakilan Daerah diisi para raja dan sultan di nusantara.

"Biarkan para anggota DPR diisi orang-orang politik, tetapi DPD sebaiknya diisi para raja atau sultan yang ada," kata Prawiro, di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Senin.

Ia bersama beberapa raja dan sultan se-Borneo berada di Martapura, menghadiri berbagai rangkaian ulang tahun ke-509 Kesultanan Banjar, dan menghadiri simposium mengenai Kesultanan Borneo.

Menurut dia, keinginan itu sudah disampaikan kepada pemerintah, saat pertemuan dengan Wakil Presiden Bodiono, Komisi II DPR-RI, bahkan kepada Presiden Susilo Yudhoyono.

"Sudah direspon pemerintah dan sekarang sedang diproses, tetapi tidak bisa secepat itu direalisasikan dan perlu pemikiran lagi," kata dia.

Perwakilan oleh para raja dan sultan nusantara itu, kata dia, karena mereka lebih tahu kondisi rakyatnya masing-masing. 

Agar para raja atau sultan yang duduk di pemerintahan itu lebih bermakna, mereka bisa diikutkan dalam kursus reguler Lembaga Ketahanan Nasional. 

"Negara ini akan kuat jika memadukan kekuatan pemerintahan dengan kekuataan kesultanan yang masih mengakar dan menyebar di berbagai daerah nusantara," katanya.

Pewarta: Hasan Zainuddin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013