Jakarta (ANTARA News) - Komandan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama TNI Sri Pulung D mengatakan telah mengirim pesawat Hercules A 1323 dari Skadron Udara 31 Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma guna membantu penanganan bencana Topan Haiyan di Filipina.

"Pesawat tersebut akan berada di Filipina selama sepekan (16-23 November 2013) untuk mendistribusikan bantuan dari Indonesia dan membantu evakuasi, serta mengangkut bantuan dari negara-negara lain yang sudah berada di Cebu," kata Sri di Jakarta, Senin.

Menurut dia, bantuan pemerintah Indonesia sebagai solidaritas sesama negara ASEAN untuk membantu pemerintah Filipina sehingga dapat mengurangi beban para korban.

Pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan dengan 48 ton berbagai jenis bahan makanan yang semuanya sudah berada di daerah terkena bencana di Tacloban, Filipina.

Bantuan terakhir dari pemerintah Indonesia diberangkatkan Sabtu lalu (16/11) lmenggunakan pesawat Hercules TNI-AU dan tiba di Cebu Filipina pukul 16.30 waktu setempat dan disambut Duta Besar Indonesia untuk Filipina dan perwakilan pejabat pemerintah Filipina.

Pada hari pertama pengiriman bantuan, Hercules TNI-AU melaksanakan tiga sorti penerbangan dengan rute Cebu ke Roxas. Pada sorti pertama, Hercules TNI-AU mengangkut bantuan 11.800 kg berupa makanan siap saji, matras, dan tenda keluarga.

Pada sorti kedua mengangkut bantuan 11.900 kg berupa bahan makanan dan air minum kemasan. Dan pada sorti ketiga mengangkut bantuan sebanyak 11.800 kg bahan makanan dan air minum kemasan.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013