Lampung Selatan (ANTARA) - Arus balik kendaraan roda empat yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten pada H+1 Lebaran 2024 terus berdatangan dan memadati kantong parkir Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, pada Jumat sore.

Kendaraan roda empat itu terus berdatangan hingga memadati kantong parkir Dermaga Reguler dan eksekutif Pelabuhan Bakauheni sejak siang hingga sore hari.

Pengendara di Pelabuhan Bakauheni ini terlihat mulai memadati tempat itu pada pukul 14.30 hingga 16.00 WIB.

Tidak hanya kendaraan empat saja yang memadati pelabuhan, nampak sejumlah kendaraan roda dua dan bus juga terus berdatangan hingga memadati kantong parkir Pelabuhan Bakauheni.

Sejumlah petugas kepolisian, TNI, dan petugas ASDP terlihat sibuk mengatur arus lalulintas di dalam pelabuhan.

Berdasarkan data 24 jam dari posko PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) cabang Bakauheni, pada Jumat atau H+1 Lebaran 2024 menyeberangkan sebanyak 8.674 kendaraan dengan rincian kendaraan roda dua sebanyak 3.041 unit, roda empat 5.371 unit, Bus 168, dan Truk 394 unit.

Oleh karena itu, General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, di Bakauheni, Minggu mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Sumatera ke pulau Jawa yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," katanya.

Untuk diketahui PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah memberlakukan ketentuan baru pembelian tiket online kapal ferry mulai 11 Desember 2023.

Ketentuan itu berlaku di Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ketapang, dan Pelabuhan Gilimanuk.

Ketentuan baru tersebut adalah pemesanan tiket ferry dapat dilakukan sampai dengan batas radius maksimal 5 kilometer sebelum pelabuhan. Yang ditetapkan dalam Surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di sekitar Pelabuhan.

Baca juga: Sejumlah kendaraan roda dua padati Pelabuhan Bakauheni pada H+1

Baca juga: Petugas terapkan delay system cegah kepadatan di Pelabuhan Bakauheni

Baca juga: Pelabuhan Bakauheni mulai dipadati pemudik pada H+2 Lebaran 2024


Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024