Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi Samsung menambah dukungan bahasa pada layanan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan artifisial mereka Galaxy AI.

"Dalam komitmen mendemokratisasi AI untuk semua, Galaxy AI mengekspansi bahasa tahun ini sehingga memungkinkan pengguna Galaxy lebih nanyak berkomunikasi melewati batasan bahasa yang sangat unik bagi Samsung," kata President and Head of Mobile eXperience Business Samsung Electronics dalam siaran pers yang dimuat di situs resmi, Rabu (10/4).

Ada tiga bahasa yang ditambahkan pada Galaxy AI yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Rusia. Pada musim semi 2024 Samsung ikut menambahkan tiga dialek baru yaitu dialek Australia dalam Bahasa Inggris, dialek Kanton, dan dialek Kanada untuk Bahasa Prancis.

Baca juga: Samsung Galaxy S24 bawa kecanggihan AI dalam genggaman

Ketiga bahasa dan dialek baru itu menambah deretan bahasa yang bisa diakses pengguna Galaxy AI sebelumnya seperti bahasa Mandarin, bahasa Inggris (dialek India, AS, dan Britania), bahasa Prancis, bahasa Jerman, bahasa Hindi, bahasa Italia, bahasa Jepang, bahasa Korea, bahasa Polandia, bahasa Portugis dengan dialek Brazil, bahasa Spanyol (dialek Meksiko Spanyol, dan AS), bahasa Thailand, dan bahasa Vietnam.

Dukungan bahasa dan dialek baru itu sudah bisa diunduh pada perangkat seri Galaxy S24, seri Galaxy S23, Galaxy S23 FE, Galaxy Z Flip5, dan seri Galaxy Tab S9, dan mungkin akan datang ke perangkat lainnya dalam waktu dekat.

Untuk selanjutnya, Samsung berencana menambah bahasa lainnya tahun ini yaitu bahasa Romania, bahasa Turki, bahasa Belanda, bahasa Swedia, bahasa Mandarin tradisional, serta bahasa Portugis Eropa.

Fitur-fitur yang menggunakan kemampuan translasi dari Galaxy AI ialah Live Translate dan Chat Assist, yang membantu pengguna bercakap-cakap dengan mitra berbahasa asing sambil membaca terjemahan perkataan lawan bicara di layar perangkat. Walaupun lawan bicara tidak menggunakan ponsel pintar atau Android, Live Translate dan Chat Assist dapat membantu pengguna berkomunikasi dalam lintas bahasa.

Galaxy AI juga dapat digunakan pada fitur Note Assist, yang dapat membuat rangkuman sebuah sehingga mempermudah pengguna untuk produktif. Lalu ada Transcript Assist yang mengolaborasikan AI dan teknologi Speech-to-Text untuk memudahkan transkripsi percakapan, bahkan ikut merangkum pembicaraan.

Terakhir ada Browsing Assist yang membantu pengguna saat sedang menjelajah ruang siber dengan membantu penerjemahan secara langsung artikel berita dan halaman web.

Baca juga: Samsung bakal hadirkan Galaxy AI berbahasa Indonesia Q2 2024

Baca juga: Google hadirkan alat edit bertenaga AI ke pengguna Google Foto gratis

Baca juga: Spotify hadirkan fitur pembuatan daftar putar lagu dengan teknologi AI

 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024