Utamakan keselamatan dalam berkendara, bukan kecepatan
Banyumas (ANTARA) - Kepala Kepolisian Sektor Ajibarang Ajun Komisaris Polisi Heri Sudaryanto mengatakan arus milir (balik, red.) di jalur Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menuju jalur pantai utara (pantura) Jateng pada H+1 Lebaran terpantau ramai lancar.

"Situasi arus kendaraan, baik dari dan menuju pantura malam ini untuk sementara ramai lancar. Peningkatan arus milir menuju Jakarta melalui Ajibarang ke arah pantura diperkirakan akan mulai berlangsung pada hari Sabtu (13/4)," kata AKP Heri Sudaryanto di Pos Terpadu Operasi Ketupat Candi 2024 Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas yang berlokasi di Simpang SPBU Ajibarang, Banyumas, Jumat malam.

Dalam hal ini, kata dia, puncak arus milir di Jalan Raya Ajibarang yang merupakan penghubung jalur tengah jalur selatan Jateng menuju jalur pantura itu diperkirakan akan berlangsung pada H+2 Lebaran hingga H+3 Lebaran atau Sabtu (13/4) hingga Minggu (14/4).

Kendati situasi arus milir pada Jumat (12/4) malam terpantau ramai lancar, dia mengimbau pemilir yang menggunakan mobil pribadi maupun sepeda motor untuk selalu menaati peraturan lalu lintas.

"Taati peraturan lalu lintas, hati-hati di jalan, patuhi batas kecepatan berkendara, jangan ngebut karena kondisi jalan dari Ajibarang menuju pantura berliku, dan gunakan alat keselamatan kendaraan sesuai ketentuan," katanya.

Baca juga: Kapolresta: Arus balik yang melintas di wilayah Banyumas meningkat
Baca juga: Polresta Banyumas terapkan rekayasa lalu lintas di Ajibarang


Selain itu, kata dia, pemilir diimbau untuk beristirahat di tempat-tempat peristirahatan yang telah ditentukan serta tidak memaksa berkendara jika merasa letih dan mengantuk karena berisiko tinggi terjadinya kecelakaan.

"Utamakan keselamatan dalam berkendara, bukan kecepatan," kata Kapolsek.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Edy Suranta Sitepu mengatakan pada arus milir di Ajibarang terdapat pertemuan arus kendaraan dari jalur selatan dan jalur tengah menuju jalur pantura.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan fokuskan kegiatan di Ajibarang dengan melakukan penarikan-penarikan arus kendaraan yang akan menuju jalur pantura.

"Apabila nanti terjadi kepadatan, maka pada jam-jam tertentu, kami akan memberlakukan one way (satu arah, red.) lokal dari Ajibarang sampai Bumiayu (Kabupaten Brebes) untuk kelancaran masyarakat," kata Kapolresta.

Baca juga: Arus balik di Gerbang Tol Kalikangkung belum signifikan
Baca juga: 700 ribu kendaraan masuk Trans Jawa melalui GT Cikampek
Baca juga: Delaying sistem diberlakukan karena kapasitas pelabuhan terbatas

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024