Prediksi kita kunjungannya itu di akhir pekan ini, karena Senin sudah mulai bekerja lagi
Bandung (ANTARA) - Jalur wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada Sabtu atau H+3 Lebaran 2024, masih terpantau padat, bahkan ekor antrean kendaraan sampai ke Kota Bandung.

Pewarta ANTARA mengabarkan bahwa kepadatan kendaraan yang terjadi sejak pagi hingga siang ini terjadi di beberapa titik sepanjang jalur Bandung-Subang itu, yakni simpang Gegerkalong dan Terminal Ledeng Kota Bandung.

Kemudian antrean panjang terjadi di depan pintu masuk area wisata The Great Asia Afrika dan Farmhouse di Bandung Barat yang mengular sampai di sekitar The Gaia Hotel Kota Bandung, simpang Beatrix, serta di simpang Jalan Grand Hotel dengan ekor antrean di Pasar Panorama Lembang.

Kemacetan di jalur ini disebabkan oleh jalan yang tidak begitu lebar, gerbang tempat wisata, gerbang tempat makan atau istirahat, gerbang masuk dan keluar SPBU, dan ditambah banyaknya jalan persimpangan ke pemukiman warga.

Di titik-titik kepadatan tersebut, kendaraan roda empat diperkirakan hanya bisa berjalan dengan kecepatan maksimal 10-15 km per jam karena padatnya antrean kendaraan.

Petugas kepolisian, Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat dan stakeholder terkait, mengatur lalu lintas di titik-titik kemacetan dengan melakukan kanalisasi atau pemisahan arus, kemudian memberlakukan sistem buka tutup atau one way sepenggal di beberapa titik seperti antara Simpang Beatrix sampai Simpang Grand Hotel.

Kanit Keamanan dan Keselamatan Sat Lantas Polres Cimahi Ipda Andriansyah menerangkan bahwa untuk mengurai kemacetan pihaknya melakukan sistem buka tutup atau one way sepenggal dalam jangka waktu tertentu.

"Sejauh ini paling lama sekitar 10 menit," ucapnya.

Jika dibandingkan hari biasa, kata dia, kepadatan sekitar 10-15 persen yang selain dipengaruhi oleh aktivitas pariwisata dengan kedatangan para wisatawan, juga dari aktivitas pemudik lokal baik yang ke Lembang, ke Cimahi atau Padalarang lewat Parongpong ataupun ke Bandung untuk bersilaturahmi.

Sebelumnya, pihak kepolisian memprediksi puncak kunjungan wisatawan ke Lembang bakal terjadi pada akhir pekan, terutama di Sabtu ini, dan arus balik terjadi pada Minggu (14/4).

"Prediksi kita kunjungannya itu di akhir pekan ini, karena Senin sudah mulai bekerja lagi," ujar Andri.

Baca juga: Kepadatan mulai terjadi di jalur wisata Lembang Bandung Barat
Baca juga: Polisi gelar pengalihan arus di jalur wisata Lembang H+2 Lebaran
Baca juga: Polisi 17 kali gelar one way di jalur wisata Lembang di H+1 lebaran

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024