Bukittinggi,- (ANTARA) -
Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bukittinggi, Sumatera Barat, menyatakan situasi keamanan dan ketertiban di kota itu hingga H+2 Lebaran berjalan aman dan kondusif.

"Dari data yang dihimpun, tidak terdapat laporan kejadian kecelakaan lalu lintas yang menonjol yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat selama periode dimulainya operasi ketupat hingga H+2 Lebaran," kata Kapolresta Bukittinggi, Sumatera Barat Kombespol Yessi Kurniati di Bukittinggi, Sabtu.

Menurut dia, meskipun volume kendaraan mengalami peningkatan, namun penempatan personel di titik-titik penting dan pengaturan yang efektif mampu meminimalisir kemacetan hingga mencegah terjadi kecelakaan lalu lintas yang serius.

Ia mengungkapkan salah satu alasan Bukittinggi kondusif merupakan hasil dari Operasi Ketupat 2024 yang telah direncanakan dan laksanakan secara maksimal selama periode Lebaran tahun ini.

"Kami telah menyiagakan ratusan personel dan mengoptimalkan seluruh sumber daya yang kami miliki dengan tujuan utama untuk menjaga agar masyarakat bisa merayakan Lebaran dengan aman dan nyaman, khususnya dalam berlalu lintas," kata dia.

Selain itu, Kapolresta juga mengapresiasi partisipasi aktif dari masyarakat Bukittinggi yang telah mematuhi aturan lalu lintas dan menunjukkan tingkah laku yang tertib selama periode liburan Lebaran.

"Kerja sama yang baik antara masyarakat dan pihak kepolisian sangat kami apresiasi dan merupakan salah satu faktor penting yang membantu menjaga kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) tetap kondusif," katanya.

"Dengan terjaga situasi kamseltibcarlantas, kami berharap masyarakat dapat melanjutkan aktivitas pascalebaran dengan lancar dan aman. Kami juga mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi aturan lalu lintas dan selalu mengutamakan keselamatan," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus memantau dan menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukumnya, serta siap menghadapi segala bentuk tantangan demi mewujudkan suasana yang kondusif bagi warga.

Kota Bukittinggi terpantau mengalami kepadatan kendaraan dan warga yang berlibur sejak di hari kedua Lebaran Kamis (11/4). di Taman Jam Gadang dan objek wisata menjadi pusat keramaian warga hingga saat ini.

Baca juga: Stasiun Lambuang jadi lokasi favorit saat libur lebaran di Bukittinggi
Baca juga: Polda Sumbar: Jalan satu arah Padang-Bukittinggi berlaku 7 April 2024
Baca juga: Banjir lahar dingin Marapi putuskan jalan lintas Bukittinggi-Padang

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024