Kami menargetkan hingga akhir libur panjang hari raya, puncak kunjungan akan terjadi tepatnya hari ini dan Minggu, dengan target kunjungan bisa mencapai 25 ribu orang
Cianjur (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat selama tiga hari terakhir sebanyak 15.208 wisatawan berkunjung ke berbagai obyek wisata di Cianjur, dan akan terus meningkat hingga akhir libur panjang hari raya.

Kepala Disbudpar Cianjur, Asep Suparman di Cianjur Sabtu, mengatakan obyek wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan diantaranya Kebun Raya Cibodas, The Nice Funtastic Park dan Ocean View Karangpotong di pantai selatan Cianjur.

"Kami menargetkan hingga akhir libur panjang hari raya, puncak kunjungan akan terjadi tepatnya hari ini dan Minggu, dengan target kunjungan bisa mencapai 25 ribu orang," katanya.

Dia menjelaskan pemilir yang melintas di jalur utama Cianjur, dapat dengan mudah untuk sampai ke obyek wisata favorit karena terletak di jalur mudik seperti Kebun Raya Cibodas, Savilage, Taman Bunga Nusantara dan The Nice Funtiastic Park di kawasan Puncak-Cipanas.

Sedangkan di jalur mudik Cianjur selatan banyak terdapat air terjun yang memiliki keindahan tersendiri mulai dari Curug Cikondang di Kecamatan Campaka, Curug Citambur di Kecamatan Pasirkuda, sampai dengan pantai selatan Cianjur.

"Pemudik dapat mampir untuk melepas lelah sebelum melanjutkan perjalan ke kota asal, selain menikmati keindahan obyek wisata, pemudik juga dapat berbelanja oleh-oleh khas Cianjur," katanya.

Pihaknya tutur Asep menargetkan angka kunjungan wisatawan ke berbagai obyek wisata di Cianjur tahun 2024 sekitar 2 juta orang dari dalam dan luar negeri, sehingga berbagi upaya promosi untuk mengenalkan obyek wisata andalan di Cianjur dilakukan dengan berbagai cara termasuk melalui pameran.

Seiring masuknya Cianjur dalam aglomaresi Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi Cianjur (Jabodetabekjur), tambah dia, pihaknya berharap pembangunan Puncak II sebagai solusi macet Puncak dapat segera terwujud sehingga target 2 juta wisatawan dapat tercapai.

"Semoga dengan masuknya Cianjur sebagai daerah penunjang utama Jakarta, dapat mewujudkan dibangun-nya jalur Puncak II sebagai solusi satu-satunya macet di jalur Puncak, sehingga angka kunjungan wisatawan akan terus meningkat ke Cianjur," katanya.

Baca juga: Basarnas bersama BPBD tempatkan 1.000 relawan di obyek wisata
Baca juga: Bunga bangkai raksasa mekar sempurna saat libur lebaran
Baca juga: Cianjur tambah papan penunjuk arah destinasi wisata jaring pemudik
Baca juga: Pemkab Cianjur kembangkan destinasi wisata berbasis hobi

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024