Destinasi wisata berbasis hobi dikembangkan di sejumlah kecamatan di Cianjur mulai dari memancing dan berburu
Cianjur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengembangkan destinasi wisata berbasis hobi seperti memancing, berburu dan hiking, untuk menarik kunjungan wisatawan dari berbagai kota/kabupaten terdekat di Jabar dan wilayah Jabodetabek.

Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur, Minggu, mengatakan sejumlah destinasi wisata air dan wisata alam yang banyak terdapat di wilayah utara dan kota Cianjur, dapat menjadi daya tarik wisatawan yang memiliki hobi memancing dan berburu termasuk jalan-jalan.

"Destinasi wisata berbasis hobi dikembangkan di sejumlah kecamatan di Cianjur mulai dari memancing dan berburu serta jalur untuk mereka yang memiliki hobi hiking atau berjalan kaki di jalur yang sudah ada, melalui perbukitan dan pedesaan," katanya.

Pihaknya mencatat wisatawan sekaligus pe-hobi yang datang ke Cianjur, selama ini cukup tinggi seperti pemancing dan wisatawan hiking namun jumlahnya tidak terdata karena masih minim-nya penataan dan pengelolaan tempat wisata yang dituju seperti Waduk Jangari dan jalur Kebun Teh Sukanagara dan hutan kota Cianjur.

Berbagai potensi yang dapat mengundang wisatawan untuk datang berlama-lama di Cianjur, akan ditunjang pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Cianjur, dengan memberikan pembinaan dan pelatihan serta penataan di destinasi wisata tujuan.

Baca juga: PUPR targetkan pembangunan Huntap Tahap 3 Cianjur tuntas akhir Januari

Baca juga: Pemkab Cianjur tuntaskan pembangunan 743 km jalan selama dua tahun


"Sehingga wisatawan atau pe-hobi yang datang dapat terhibur setelah menikmati destinasi wisata memancing dan berburu atau lainnya mendapat suguhan pendukung, seperti suguhan seni dan budaya khas Cianjur atau kesenian tradisi di masing-masing kecamatan," katanya.

Untuk meningkatkan angka kunjungan ke sejumlah destinasi wisata itu, tambah dia Pemkab Cianjur, sedang menggencarkan pembangunan infrastruktur jalan dengan skala prioritas menuju tempat wisata mulai dari utara hingga selatan.

Kepala Disbupar Cianjur Ahmad  Danial mengatakan untuk pengembangan destinasi wisata berbasis hobi, pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait sehingga pembangunan dan penataan yang dilakukan dapat mengundang wisatawan lebih banyak sehingga perekonomian warga sekitar meningkat.

"Kita targetkan angka kunjungan wisatawan ke Cianjur tahun 2024 sebanyak 2,4 juta termasuk wisatawan mancanegara. Khusus untuk wisata hobi target kami setiap pekan sekitar 100 ribu wisatawan yang datang ke wisata air atau kolam pancing, berburu dan hiking," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya menggencarkan promosi melalui berbagai media termasuk media cetak, elektronik dan media sosial melibatkan selebgram yang sudah memiliki banyak pengikut dari berbagai kota/kabupaten di Indonesia.

"Promosi wisata berbasis hobi ini, akan di masukan juga dalam paket wisata Cianjur, sehingga setiap wisatawan yang datang dapat memilih paket sesuai keinginan dan hobinya. Kalau paket wisata dapat di lihat di website Disbudpar Cianjur," kata Danial.

Baca juga: Pemkab gelar kegiatan seni dan budaya dongkrak angka kunjungan wisata

Baca juga: Angka investasi di Cianjur tahun 2023 capai Rp 1,802 triliun

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024