Hal yang tidak kalah penting, kami juga mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan diri dengan memastikan kondisi selalu fit
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade mengatakan, pengguna jalan yang melakukan perjalanan mudik dan balik Lebaran harus mempersiapkan diri dengan memastikan kondisi selalu fit.

"Hal yang tidak kalah penting, kami juga mengimbau pengguna jalan untuk mempersiapkan diri dengan memastikan kondisi selalu fit," ujar Andre di Jakarta, Sabtu.

Agar perjalanan lancar, Andre juga mengimbau pemudik untuk mematuhi aturan dan rambu, khususnya saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas agar mengikuti arahan dari petugas.

Ia menyampaikan apresiasi atas upaya Jasa Marga yang selalu berkoordinasi dengan segenap pemangku kepentingan seperti Kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Kemenko PMK yang telah sukses dalam melayani arus mudik beberapa waktu yang lalu sehingga tidak terjadi kepadatan yang terlalu berarti.

“Baru saja saya mendapatkan informasi mengenai kesiapan Jasa Marga untuk menghadapi arus balik, dengan koordinasi yang telah dijalankan, Jasa Marga sudah sangat siap untuk menghadapi arus balik di antaranya dengan menyiapkan jalur contraflow hingga 3 lajur sesuai kondisi lalu lintas beserta kelengkapannya serta akan ada safety car yang berkolaborasi dengan Kepolisian," katanya.

Selain itu Andre juga mengapresiasi upaya Jasa Marga yang memberikan potongan tarif tol sebesar 20 persen untuk mendistribusikan lalu lintas arus balik yang puncaknya diprediksi terjadi pada Senin, 15 April 2024.

Menurut dia, langkah ini juga menjadi salah satu solusi antisipasi lonjakan volume lalu lintas pada periode arus balik.

“Kami juga telah mendengarkan rekomendasi dari segenap pemangku kepentingan yang terlibat untuk menyarankan diberlakukan Work From Home (WFH) sehingga pemudik dapat menunda kepulangan serta memanfaatkan potongan tarif tol. Selain itu kami juga meminta bantuan teman-teman media agar dapat terus mensosialisasikan kepada masyarakat terkait informasi-informasi yang penting agar pemudik dapat mengatur waktu perjalanan,” katanya.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyampaikan kesiapan pelayanan operasional arus balik periode Hari Raya Idul Fitri 1445H/Tahun 2024 yang diprediksi akan mulai meningkat pada H+2 s.d H+4 Hari Raya Idul Fitri 1445H/Tahun 2024 atau pada Sabtu-Senin, 13-15 April 2024.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sehingga Jasa Marga dapat mengawal pelaksanaan operasional arus mudik dan terus meningkatkan pelayanan untuk menghadapi arus balik.

“Untuk menghadapi arus balik, kami telah mempersiapkan upaya peningkatan layanan baik di gerbang tol maupun di jalur. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait yaitu, Kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Kemenko PMK sehingga dapat mengawal pelaksanaan arus balik secara menyeluruh,” kata Subakti.

Baca juga: Anggota DPR harap revitalisasi Terminal 1C Soetta selesai akhir 2024
Baca juga: Anggota DPR minta ASDP Indonesia Ferry tindak tegas praktik calo tiket
Baca juga: Anggota DPR minta Kementerian ESDM dan Pertamina jamin stok BBM
Baca juga: Rombongan anggota DPR cek kesiapan Pelabuhan Merak pada Jumat

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024