Penumpang angkutan Lebaran yang menuju Sabang mencapai 13.450 orang dari Ulee Lheue, sedangkan dari Sabang menuju Ulee Lheue ada 11.969 orang
Banda Aceh (ANTARA) - Pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue Kota Banda Aceh mencatat sebanyak 13.450 wisatawan berkunjung ke Sabang sejak H-7 hingga hari ketiga Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Penumpang angkutan Lebaran yang menuju Sabang mencapai 13.450 orang dari Ulee Lheue, sedangkan dari Sabang menuju Ulee Lheue ada 11.969 orang," kata Penanggung Jawab Operasional Ulee Lheu, Ilham Akbar, di Banda Aceh, Sabtu.

Secara keseluruhan, penumpang angkutan Lebaran mencapai 25.419 orang. Dari jumlah tersebut, juga membawa kendaraan roda dua 5.232 unit dan roda empat 1.409 unit.

Ilham menyampaikan, wisatawan menuju Balohan, Sabang tersebut didominasi wisatawan asal Sumatera Utara, Riau, dan juga wisatawan lokal.

"Kalau dari lokal sebagian besar merupakan pengunjung asal Aceh Tengah," ujarnya.

Ia menjelaskan, peningkatan jumlah wisatawan ke Sabang terjadi sejak H+1 Lebaran sebanyak 4.389 orang. Angkanya semakin meningkat pada H+2 yakni mencapai 5.985 penumpang.

"Kondisi padat pada Lebaran tahun ini dimulai dari Kamis (11/4) sampai dengan hari ini H+4 Lebaran," katanya.

Karena adanya peningkatan penumpang, kata Ilham, pihaknya memberlakukan buffer zone untuk antrean penumpang yang membawa kendaraan roda empat guna mengantisipasi kemacetan.

"Buffer zone untuk penerimaan kendaraan yang datang. Setelah dari buffer zone maka dipindahkan ke area parkir keberangkatan di dalam dan dimasukkan ke area steril di dermaga. Untuk antrean seperti itu," ujarnya.

Selain itu, Pelabuhan Ulee Lheue juga menambahkan trip kapal sejak H+2 Lebaran karena semakin meningkatnya jumlah penumpang.

"Per hari ini, ada enam kapal trip kapal express dan lima trip kapal Roro yang dapat digunakan untuk menyeberang dari Ulee Lheue ke Sabang," kata Ilham.

Baca juga: Lebaran kedua, wisatawan ke Sabang diperkirakan capai tiga ribu orang
Baca juga: Pangdam IM tinjau kesiapan mudik Lebaran di Pelabuhan Ulee Lheue.
Baca juga: Ditlantas rekayasa lalu lintas di Pelabuhan Ulee Lheue urai kemacetan

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024