Surabaya (ANTARA) - Ribuan masyarakat memanfaatkan momen libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dengan menaiki wisata perahu Kalimas rute Taman Prestasi Surabaya, untuk melihat gemerlapan lampu di sepanjang sungai dan gedung-gedung tinggi.

Tercatat, dari 1.500 tiket yang disediakan oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya pada Sabtu, 13 April 2024, 1.163 telah terjual sejak pagi hingga malam pukul 19.21 WIB.
 
Petugas Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Prestasi, Zainul di Surabaya, Sabtu, mengatakan saat libur Lebaran memang ramai setiap tahunnya, terlebih saat Sabtu malam Minggu.

Baca juga: Wisata Air Kalimas berpotensi jadi wisata favorit di Surabaya
 
"Tadi pagi sisa sekitar 200 tiket, siang hari sisa tiga dan malam ini jika dilihat lewat laman Tiket Wisata Surabaya sisa satu," ucapnya.
 
Zainul menjelaskan pemesanan tiket wisata perahu Kalimas rute Taman Prestasi ini ada tiga sesi, yakni pagi pukul 08.00-12.00, siang 13.00-17.00 dan malam 18.00-20.30 WIB.
 
"Batas akhir pemesanan pukul 20.30, untuk operasi perahunya sampai jam 21.00 WIB," katanya.
 
Pihaknya mengimbau bagi masyarakat yang hendak menikmati wisata perahu Kalimas rute Taman Prestasi hendaknya selalu mengecek ketersediaan tiket lewat www.tiketwisata.surabaya.go.id agar tidak kehabisan.
 
"Kalau rute dari Monumen Kapal Selam (Monkasel) bisa langsung beli tiket di lokasi, kalau di Taman Prestasi lewat daring," ujarnya.
 
Selain saat libur Lebaran, lanjutnya, pada momen malam pergantian tahun lebih ramai. "Kalau ingin lebih ramai lagi saat malam tahun baru, itu pasti full," tuturnya.
 
Sementara itu, salah seorang pengunjung asal Blauran Kidul Surabaya Clorinda mengaku senang dapat menikmati indahnya sungai Kalimas dengan naik perahu, terlebih saat malam hari.

Baca juga: Pemkot dan BBWS siap bangun destinasi wisata air di Surabaya

Baca juga: Pemkot Surabaya-Pelindo III kembangkan wisata Air Sungai Kalimas
 
"Pemandangannya semakin cantik, banyak lampu yang dipasang di sepanjang sungai, apalagi bisa lihat lampu-lampu di gedung-gedung tinggi di Surabaya, makin cantik," ucapnya.
 
Ia memesan tiket wisata perahu Kalimas rute Taman Prestasi Surabaya tersebut pada sore hari dan sengaja memilih sesi malam.
 
"Saya ditemani suami dan anak, sekalian untuk memberi wawasan terkait sungai Kalimas ke anak, biar tahu sejak kecil kalau ada wisata indah di Surabaya, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024