Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa  terjadi di Indonesia, Sabtu (13/4), mulai dari 60.028 kendaraan memasuki Jakarta pada H+1 Lebaran hingga pemerintah menerapkan WFH (work from home) dan WFO (work from office) bagi ASN pada 16-17 April.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Polri: 60.028 kendaraan memasuki Jakarta pada H+1 Lebaran

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan bahwa sebanyak 60.028 kendaraan memasuki Jakarta pada H+1 Lebaran atau Jumat (12/4).

"Volume arus lalu lintas yang masuk Jakarta melalui lima GT (gerbang tol) tersebut sebanyak 60.028 kendaraan, sedangkan volume arus lalu lintas yang Keluar sebanyak 67.092 kendaraan," kata Trunoyudo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Polri sebut situasi kamtibmas pada H+1 Lebaran aman dan terkendali

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan bahwa situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada H+1 Lebaran atau Jumat (12/4) aman dan terkendali.

"Situasi kamtibmas dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 pada Jumat, 12 April 2024, secara umum dalam keadaan aman, tertib, dan terkendali," kata Trunoyudo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Pemerintah terapkan WFH dan WFO bagi ASN pada 16-17 April

Pemerintah memutuskan untuk menerapkan kombinasi tugas kedinasan dari kantor (work from office/WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (work from home/WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN) pada Selasa (16/4) dan Rabu (17/4) untuk memperkuat manajemen arus balik Lebaran.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pengaturan WFH dan WFO diterapkan secara ketat dengan tetap mengutamakan kinerja organisasi dan kualitas pelayanan publik. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo, instansi yang berkaitan langsung dengan pelayanan publik tidak dilakukan WFH alias tetap WFO 100 persen.

Selengkapnya baca di sini.

4. MPR dukung upaya Panglima TNI tindak tegas OPM

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mendukung langkah Panglima TNI dalam melakukan tindakan tegas untuk memberantas Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang sebelumnya disebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Tidak boleh ada lagi toleransi terhadap para kelompok separatis, teroris ataupun OPM untuk meneror serta melakukan aksi kejahatan hingga menimbulkan korban jiwa," kata pria yang akrab disapa Bamsoet dalam keterangan pers yang diterima ANTARA, Sabtu.

Selengkapnya baca di sini.

5. DPR sampaikan agar Jasa Marga pastikan kesiapan pelayanan arus balik

Komisi VI DPR RI menyampaikan agar PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan kesiapan pelayanan operasional arus balik lebaran yang diprediksi akan melonjak pada Sabtu-Senin, 13-15 April 2024.

"Saya ingin melihat langsung kesiapan Jasa Marga dalam melayani arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H," kata Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade di Pos Pantau Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Sabtu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024