Jakarta (ANTARA) - Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko memproyeksikan ada sebanyak 47.317 penumpang yang datang atau kembali ke Jakarta hari Minggu ini dan merupakan jumlah pemudik tertinggi untuk masa arus balik Lebaran tahun ini. 

“Untuk kedatangan hari ini sesuai dengan data yang kami pantau tadi pagi, hari ini adalah puncak arus balik, terdata sebanyak 47.317 penumpang yang akan kami layani,” kata Ixfan saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu.

Menurut Ixfan, sebanyak 47.317 penumpang tersebut akan turun di sejumlah stasiun di wilayah KAI DAOP 1, antara lain Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan stasiun-stasiun lainnya.

Baca juga: KAI Daop 1 catat 46 ribu pemudik kembali ke Jakarta hari ini

Biasanya, jumlah kedatangan penumpang ke Jakarta paling banyak di malam hari. Sebaliknya, waktu pagi dan menjelang sore hari biasanya didominasi oleh penumpang yang akan pergi ke daerah tujuan mudik. 

“Arus balik pertama terjadi hari ini, tanggal 14 April 2024, hari ini yang tertinggi, tetapi masih bisa berubah,” kata Ixfan.

Berdasarkan data yang dipaparkan olehnya, ada sebanyak 392.740 pemudik yang diprediksi akan kembali ke wilayah Jakarta dan sekitarnya menggunakan kereta api selama masa arus balik per 31 Maret hingga 14 April 2024. Angka tersebut diperkirakan akan terus bertambah seiring pemesanan tiket arus balik yang masih tersedia.

Baca juga: KAI Bandung sebut arus balik Lebaran 2024 sudah terasa

Sementara itu, selama masa mudik Lebaran pada 31 Maret sampai 11 April lalu, dia mengatakan bahwa KAI Daop 1 Jakarta telah memberangkatkan 500 ribu lebih penumpang. Puncak arus mudik berlangsung pada 8 April 2024 dengan 47.852 penumpang.

“Arus balik untuk besok masih di atas 40 ribu lebih, hari ini adalah yang tertinggi,” kata Ixfan.

Dia menambahkan, “Kami imbau kepada para penumpang yang akan datang, pada saat akan turun, pastikan sebelum turun kereta api telah berhenti dengan sempurna dan cek kembali barang bawaan".

Baca juga: KAI Daop 6 imbau penumpang perhatikan barang bawaan

Baca juga: Daop Surabaya catat 74.644 orang gunakan KA saat arus balik


Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024